Ladies, Ngemil 15 Buah Stroberi Bisa Melawan Sel Kanker Payudara

Ladies, Ngemil 15 Buah Stroberi Bisa Melawan Sel Kanker Payudara

Stroberi melawan sel kanker payudara (Foto: Independent)

SUKA makan hobi stroberi? Tidak cuma mendukung diet Anda, ternyata makan stroberi bisa mencegah perkembangan sel kanker payudara agresif.

Sebuah studi melibatkan seekor tikus yang mengonsumsi 15 buah stroberi setiap hari. Penelitian menunjukkan, tikus dapat terlindung dari serangan kanker payudara agresif.

Para ilmuwan menggunakan ekstrak dari stroberi Alba kepada tikus betina dengan tumor kanker payudara. Peneliti menyertakan 15 persen stroberi dari asupan harian tikus.

Setelah lima minggu menjalani diet dengan stroberi, tikus tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda perkembangan kanker yang menyebar. Bahkan, tumor mereka menyusut.

Dr Maurizio Battino dari Marche Polytechnic University, mengatakan bahwa tikus mengalami penurunan berat badan dan tumornya juga mengecil secara signifikan.

Para peneliti menekankan bahwa hasil tes hewan tidak memiliki efek yang selalu sama dengan manusia. Penelitian sebelumnya menunjukkan, konsumsi 10-15 stroberi sehari dapat mengurangi kolesterol darah.

Pada kasus kanker, beberapa gen memang berperan dalam metastasis kanker dan penyebaran kanker. Pada saat bersamaan, terdapat satu gen yang diyakini dapat menekan penyebaran kanker payudara.

Namun, dibutuhkan pembuktian tambahan, apakah stroberi betul-betul memiliki pengaruh signifikan dalam melawan kanker payudara pada manusia.

"Hasil penelitian ini memiliki efek potensial dari stroberi yang dapat melawan kanker payudara. Tapi penelitian ini harus dilengkapi dengan verifikasi efek positif pada manusia, apakah ia memiliki efek yang sama pada tikus," tukasnya. Demikian dilansir dari Dailymail, Jumat (21/4/2017).

(hel)

Baca Juga

AWAS! Kebiasaan Sehari-hari Ini Penyebab Gagal Ginjal

AWAS! Kebiasaan Sehari-hari Ini Penyebab Gagal Ginjal