SELAMAT HARI KARTINI: Ria Miranda, Kartini Masa Kini yang Bangkitkan Modest Wear Tanah Air

SELAMAT HARI KARTINI: Ria Miranda, Kartini Masa Kini yang Bangkitkan Modest Wear Tanah Air

Ria Miranda (Foto: Dok. Ria Miranda)

PECINTA modest wear dan busana Muslim mana di Indonesia yang tidak mengenal nama dari perancang muda nan cantik, Ria Miranda. Nama Ria bukanlah nama asing di dunia industri fesyen Tanah Air. Perempuan bernama lengkap Indria Miranda ini adalah satu dari sekian desainer busana Muslim yang punya peranan dan pengaruh besar dalam dunia industri fesyen Muslim Tanah Air.

Dengan pengaruh dan peranan besarnya tersebut, rasanya tidak mengehrankan jikalau sosok Ria Miranda pantas disebut sebagai sosok Kartini modern di era millennial ini. Dengan karya-karyanya, Ria memperlihatkan bahwasanya wanita Muslim baik itu yang berhijab bisa memiliki penampilan yang modis nan trendi tanpa harus meninggalkan syariat Islam dalam berbusana.

Terlahir di Padang, Sumatera Barat, 15 Juli 1985, wanita 31 tahun ini mengawali karirnya sebagai desainer dengan latar belakang selain karena passionnya yang kuat di dunia fashion, juga disebabkan oleh faktor karena pada masa itu ia mengalami kesulitan dalam mencari baju Muslim khususnya untuk anak muda dan belum beragam.

Setelah menyelesaikan pendidikan S1 ekonomi di Padang, barulah ia dengan mantap memutuskan merantau ke Jakarta untuk mendalam ilmu fashion dengan menempuh sekolah formal di sekolah fashion ternama di Indonesia, ESMOD.

(Foto: Ria Miranda)

“Setelah menyelesaikan pendidikan S1 ekonomi di Padang. Setelah itu, barulah mendapatkan ijin dari keluarga untuk merantau, mengikuti sekolah mode di Jakarta. Alhamdulillah, di tahun 2009 aku bisa memulai perlahan membangun label ria miranda pada 2009,” ungkap Ria.

Karir Ria sebagai desainer busana Muslim bisa dibilang cukup mulus, karya-karya rancangannya yang memiliki signature permainan warna-warna pastel dengan cutting desain yang simpel namun aksen yang detail dan material bahan yang mumpuni diterima dengan baik di masyarakat luas. Hingga akhirnya Ria mulai sering wara-wiri di pagelaran busana luar negeri tidak hanya untuk mempertunjukkan rancangan –rancangan jeniusnya namun juga sekaligus untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Seperti baru-baru ini di mana ibu dua orang anak ini, baru saja kembali dari gelaran acara fashion show di salah satu negara pusat mode dunia, Korea Selatan yang bernama Fashion KODE Fall/Winter 2017 yang diselenggarakan oleh Korea Creative Content Agency (KOCCA).

Tampil di Korea Selatan, Ria diketahui sebagai desainer busana Muslim pertama yang dibawa oleh Indonesia Fashion Forward untuk Fashion KODE tersebut. Bisa menghelat fashion show di negara sekaliber Korea Selatan, Ria mengaku cukup gugup walaupun tentunya hal tersebut menjadi pengalaman berharga untuk dirinya sebagai seorang perancang busana.

“Selama menjadi desainer, semua pengalaman berkesan. Tapi yang terbaru ini adalah fashion show di Korea kemarin. Karena memang semuanya baru, termasuk persiapan dan bagaimana market penonton di sana. Koordinasi yang dilakukan sampai persiapan pada hari H itu semua bener-bener bikin deg-degan,” aku Ria.

Bicara soal prestasi, selain sudah cukup sering wara-wiri menghelat fashion show di mancanegara seperti Australia hingga Korea Selatan. Prestasi Ria di dunia fashion juga bertambah dengan baru-baru ini ia juga baru saja mendapatkan sebuah penghargaan di ajang Asia Influencer yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia untuk kategori fashion influencer.

 


Dianugerahi penghargaan sekaliber itu, Ria sendiri mengaku dirinya sama sekali tidak menyangka. “Waahh, jujur aja menang award menjadi fashion influencer di ajang Asia Influencer di Kuala Lumpur lalu nggak disangka-sangka. Masuk di nominasi Parenting & Fashion pun sudah senang sekali, melihat saingannya juga lebih bagus,” seloroh Ria.

(dno)
TAG : EA masa EA
1 / 2

Baca Juga

Cinta Laura <i>Gak</i> Pernah Alami Masalah Kulit Wajah, Apa Rahasianya?

Cinta Laura Gak Pernah Alami Masalah Kulit Wajah, Apa Rahasianya?