Moms, Ini Lho Aktivitas Menyenangkan untuk Balita Berusia 2 Tahun

Moms, Ini Lho Aktivitas Menyenangkan untuk Balita Berusia 2 Tahun

Pola asuh (Foto: Momooze)

MOMS, siapkah Anda menjadikan anak mandiri? Ya, mendidik anak mandiri memang harus dilakukan sedini mungkin. Setelah anak berulang tahun yang kedua, saatnya melatih anak terampil secara sosial, sehat fisik, dan mengasah intelektualitasnya.

Psikolog anak dan remaja, Robert Myers, PhD., mengatakan, anak usia 2-3 tahun sedang aktif-aktifnya. Maka, manfaatkan sebaik-baiknya fase tersebut dengan mengajak anak beraktivitas yang menyenangkan untuk meningkatkan kemandiriannya. Seperti dilansir Parents, Jumat (21/4/2017), inilah aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan bersama anak berusia dua tahun.

Dress-up time

Siapkan bahan dan kostum, biarkan anak memilih busana yang ingin ia kenakan. Dengan permainan ini, mendorong anak bisa memasang kancing baju sendiri, menentukan pilihan, bahkan memakai sepatu sendiri.

Ngobrol

Siapkan boneka atau miniatur tokoh. Kemudian serahkan boneka atau mainan kepada anak. Pancing mereka untuk bicara, berpakaian, dan mengurusnya. Cara ini akan mendorong anak berlatih bicara.

Sembunyi dan mencari

Sediakan berbagai mainan. Sembunyikan mainan itu di suatu tempat di rumah, Minta anak mencari dan menemukannya. Permainan ini mendorong rasa penasaran dan menjelajah anak.

Surat-suratan

Siapkan kotak sepatu bekas dan kertas surat. Kreasikan kotak bekas menjadi kotak pos tua kemudan ajak anak menulis surat walau hanya mewarnai dan mencorat-coret kertas. Cara ini mendorong keterampilan motorik halus. Misalnya, saat membuka amplop atau memegang benda.

(vin)

Baca Juga

Anak Tak Suka Membaca? Coba Trik Berkemah bersama Buku-Buku Pasti Seru

Anak Tak Suka Membaca? Coba Trik Berkemah bersama Buku-Buku Pasti Seru