Adik-Kakak Saling Cemburu Berebut Perhatian, Redakan dengan Cara Ini!

Adik-Kakak Saling Cemburu Berebut Perhatian, Redakan dengan Cara Ini!

Pola asuh (Foto: Understood)

AYAH sedang bermain bersama adik, kakak bisa datang mengacak-acak, cari ulah karena cemburu atau sebaliknya. Ya, hal ini sangat wajar moms, jangan merasa terganggu dan marah.

Tetapi, jika situasi terus terjadi seperti itu, saatnya Anda mengkondisikan agar persaingan dan cemburu antar saudara tidak berlanjut hingga besar. Seperti dilansir Micheleborba, Sabtu (22/4/2017), berikut kiat meredakan persaingan dan cemburu antar saudara.

Jangan membandingkan perilaku

Jangan pernah membandingkan atau memuji perilaku salah satu anak dengan saudara kandungnya. ini bisa menciptakan ketegangan jangka panjang. Secara tidak adil ini memberi tekanan pada saudara kandung atas pujian kepada yang lainnya. Ini menyebabkan anak sensitif dan merasa tak diterima.

Dengarkan keduanya

Mendengarkan secara adil anak-anak bukan hanya ampuh menyampaikan bahwa orangtua menghormati pikiran mereka. Ini membangun hubungan yang adil dan damai antar saudara kandung.

Cari waktu untuk quality time

Temukan waktu tersendiri dengan setiap anak. Salah satu cara untuk membiarkan setiap anak merasa berharga adalah dengan menghabiskan waktu untuk orangtuanya. Bisa pula dengan jalan berdua saja ketika salah satu anak sedang menginap di rumah nenek.

Kooperatif

Memperkuat perilaku kooperatif. Jangan mengabaikan salah satu merupakan cara termudah untuk meningkatkan harmoni antar saudara. Buat aktivitas bersama yang melibatkan keduanya saling bekerja sama.

(vin)

Baca Juga

Penting, <i>Moms</i>! 5 Kiat agar Anak Tidur Nyaman di Pesawat

Penting, Moms! 5 Kiat agar Anak Tidur Nyaman di Pesawat