Adik dan Kakak Over Acting Cari Perhatian, Orangtua Harus Bagaimana?

Adik dan Kakak Over Acting Cari Perhatian, Orangtua Harus Bagaimana?

Pola asuh (Foto: Micheleborba)

JARAK dekat atau jauh usia anak kadang tidak memengaruhi sikap mereka dalam berebut perhatian orangtua. Selalu ada saja tingkah aneh atau aksi luar biasa demi mendapatkan perhatian orangtua.

Fenomena seperti ini boleh dibilang dirasakan para orangtua. Lantas, apa yang harus dilakukan orangtua bila anak berebut cari perhatian? Melansir dari Kidshealth, Sabtu (22/4/2017), inilah cara yang bisa dilakukan orangtua agar anak tidak over acting.

Penuhi kebutuhannya

Adik dan kakak berebut perhatian itu biasa. Itu menunjukkan mereka butuh perhatian dan kasih sayang orangtua. Jangan terganggu ketika anak saling berebut perhatian. Cukupi kebutuhannya secara batin. Beri waktu yang sama untuk bermain dan menemani belajar. Tanyakan hal-hal sama kepada adik dan kakak tentang bagaimana aktivitas mereka.

Kompak bersama pasangan

Ini sering terjadi. Adik dan kakak sama-sama ingin bersama ayah atau ibu saja. Tapi hal ini bukan berarti tak bisa diatasi. Bekerjasamalah dengan pasangan untuk membagi tugas. Beri penjelasan kepada anak kalau mereka harus bergantian duduk di pangkuan ayah atau di gendong ibu. Butuh kesabaran untuk mengatasi ini.

Lakukan bersama

Keinginan anak untuk manjadikan ayah hanya miliknya saja, membuat persaingan terjadi. Sebagai orangtua sebaiknya hindari dari awal memilih salah satu dari mereka. Tetapi jika sudah terlanjur, mulailah melakukannya bersama. Seperti menyuapi anak bersamaan. Sehingga tak ada salah satu dari anak yang diprioritaskan.

(vin)
TAG : Orangtua

Baca Juga

HARI ANAK NASIONAL: Lindungi Anak dari Konten Negatif Bukan dengan Menjauhi dari Dunia Digital!

HARI ANAK NASIONAL: Lindungi Anak dari Konten Negatif Bukan dengan Menjauhi dari Dunia Digital!