4 Kuliner Khas Jepara Wajib Dicicip saat Berjejak di Kampung Halaman R.A Kartini

4 Kuliner Khas Jepara Wajib Dicicip saat Berjejak di Kampung Halaman R.A Kartini

Pindang serani (Foto:Instagram)

MENGINJAKKAN kaki di daerah yang jauh dari tempat tinggal memang jadi kegiatan yang menarik. Selain bisa mengenal tradisi, budaya dan tempat wisata, ada hal lain yang lebih penting dilakukan, kulineran.

Hari ini ditetapkan sebagai Hari Kartini, sosok perempuan kuat panutan masyarakat Indonesia adalah gadis berdarah Jawa tepatnya Jepara. Memaknai Hari Kartini banyak caranya, salah satunya dengan mencicipi kuliner khasnya.

Jepara punya sederet kuliner khas yang unik dan nikmat lho. Beberapa diantaranya bahkan hanya bisa ditemui di Jepara. Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (21/4/2017) berikut empat kuliner khas Jepara yang wajib dicicipi.

Horok-horok

 

A post shared by INFIA - Fact (@infia_fact) on


Hidangan ini termasuk jenis makanan ringan yang terbuat dari tepung pohon aren. Di Jepara mungkin tidak sulit menemukan horok-horok tetapi di daerah lain jangan harap bisa mencicip kudapan ini. Masyarakat Jepara biasa menyantap horok-horok bersama sate kikil, soto, bakso, gulai hingga pecel. Tapi versi manisnya, horok-horok biasa disantap dengan siraman santan dan sedikit gula. Tepung pohon aren ini diperoleh dengan cara disisir hingga rontok menjadi bulir kemudian diolah dengan cara dikukus hingga matang. Beberapa orang menyantap horok-horok sebagai makanan pengganti nasi.

Pindang serani

 

A post shared by Ari Mur (@buzzerbeezz) on


Sebutan pindang serani sudah sangat populer di Jepara, ini bukan hanya makanan khas tetapi juga santapan masyarakat Jepara sehari-hari. Pindang serani adalah olahan ikan yang dimasak dengan racikan bumbu serani. Ikan yang digunakan cukup beragam mulai dari ikan bandeng, nila, mujaer, patina tau jenis ikan lainnya. Bumbu yang berlimpah membuat olahan berkuah ini terasa sedap dengan tekstur kuah yang cukup kental. Pindang serani biasa disantap bersama nasi putih dan sambal.

Rondho royal

 

Jajanan khas Jepara ini dikenal dengan sebutan monyos atau rondho royal. Makanan ringan ini terbuat dari tepung beras yang diberi isian potongan tape. Teknik pengolahannya adalah dengan cara digoreng. Rondho royal semakin nikmat jika disantap dalam keadaan hangat. Jangan takut kesulitan mendapati rondho royal. Jajanan pasar ini dengan mudah ditemui di sekitar Jepara.

Adon-adon coro

 


Tidak hanya makanan, Jepara juga punya minuman khas yang rasanya dijamin unik. Adon-adon coro adalah jenis minuman herbal karena terbuat dari campuran berbagai bahan alami seperti jamu. Racikan minuman ini antara lain daun pandan, merica, kayu manis, cengkeh, lengkuas yang kemudian disajikan dengan siraman santan dan gula merah. Sekilas minuman ini tampak seperti wedang dengan rasa yang pedas dan menghangatkan. Penjual adon-adon coro bisa ditemui di sekitar Jepara, biasanya di dekat alin-alun kota.

(ndr)

Baca Juga

Tumis Labu Siam Jagung Pipil, Rekomendasi Santap Sahur yang Nikmat

Tumis Labu Siam Jagung Pipil, Rekomendasi Santap Sahur yang Nikmat