4 Fakta Penting Tentang Minyak Goreng Belum Anda Tahu

4 Fakta Penting Tentang Minyak Goreng Belum Anda Tahu

Fakta penting tentang minyak goreng (Foto:Google)

SIAPA yang tidak suka lauk goreng? Bersantap dengan lauk goreng memang sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia. Apalagi jika dicocol dengan saus sambal nan pedas. Hmm.. maknyus!

Namun sayangnya, banyak yang belum tahu jika semua masakan yang mengandung minyak, identik dengan kandungan lemak jahat.

Tidak perlu khawatir! Berikut beberapa fakta penting tentang minyak yang mungkin belum ketahui, sebagaimana dikutip dari buku 60 Menu Sehat Minim Minyak, karya J. Edward, Sabtu (22/4/2017).

1. Semua minyak nabati yang dijual di pasaran dan belum dipakai untuk memasak bersifat bebas kolesterol. Kolesterol minyak terbentuk bila dipanaskan berulang-ulang. Oleh karena itu, jagan mudah tergoda iklan yang mengatakan minyak goreng tertentu rendah kolesterol.

2. Minyak dengan titip asap (kurang dari 215 derajat celcius) tidak cocok untuk menggoreng. Bila dipaksakan maka makanan akan teroksidasi dan berbau tengik. Minyak semacam ini hanya cocok untuk salad dressing.

3. Gorenglah makanan pada suhu maksimal 190 derajat celcius. Lebih dari itu akan memudahkan terbentuknya lemak trans yaitu, asam lemak yang akan meningkatkan kadar kolesterol jahat LDL dalam pembuluh darah.

4. Hindari menggoreng makanan dengan wajan besi dan tembaga karena proses oksidasi antara minyak dan besi/tembaga akan menyebabkan aroma makanan menjadi tengik. Sebaiknya, gunakan wajab berbahan stainless steel.

(ndr)

Baca Juga

RESEP PILIHAN: <i>Poppy Seed Pretzel</i> untuk Camilan Keluarga

RESEP PILIHAN: Poppy Seed Pretzel untuk Camilan Keluarga