SELAMAT HARI KARTINI: Chef Farah Quinn, Wanita Indonesia Harus jadi Inspirasi Bagi Dirinya & Orang Sekitar

SELAMAT HARI KARTINI: Chef Farah Quinn, Wanita Indonesia Harus jadi Inspirasi Bagi Dirinya & Orang Sekitar

Sosok Kartini di mata Farah Quinn (Foto:Instagram)

APA yang terlintas di benak Anda ketika mendengar nama R.A Kartini? Sebagian orang pasti akan menjawab bahwa Kartini merupakan sosok wanita tangguh, yang telah memperjuangkan martabat wanita Indonesia.

Bahkan, di era modern seperti saat ini, perjuangan pahlawan asal Jepara itu juga masih menginspirasi wanita-wanita Indonesia. Hal tersebut juga diakui oleh celebrity chef ternama Farah Quinn.

Menurut ibu satu anak itu, wanita Indonesi harus bisa menjadi contoh yang baik dan memberikan sumbangsih bagi nusa dan bangsa.

 


"Sebagai sosok kartini modern, kita harus bisa melakukan hal positif bukannya hanya untuk negara, tetapi untuk diri sendiri, keluarga, dan orang-orang di sekitar kita," tutur Farah Quinn kepada Okezone di Jakarta beberapa waktu lalu.

Farah juga menegaskan bahwa seorang wanita harus cerdas dan selalu menjaga harga diri.

"Beruntung sekali kita sudah mempunyai kebebasan dalam menempuh pendidikan dan meniti karir setinggi mungkin," tambahnya.

Pernyataan yang dilontarkannya itu bukan tanpa sebab, sejak meniti karir di industri kuliner, Farah telah mengukir sejumlah prestasi membanggakan di kancah internasional. Hal tersebut tentu saja dilakukannya sembari mempromosikan kekayaan kuliner Indonesia.

"Passion aku selain memasak itu adalah traveling. Setiap aku berkunjung ke suatu negara, aku pasti selalu menyempatkan diri untuk mempromosikan kuliner Indonesia," jelasnya.

Berkat komitmennya tersebut, Farah sempat didaulat menjadi Brand Ambassador Indonesia di sejumlah maskapai internasional termasuk KLM Royal Dutch Airlines (Belanda). Menurut pihak KLM, masakan wanita berdarah Palembang itu dinilai mempresentasikan kekayaan kuliner Indonesia.

 


"Salah satu alasan mengapa saya tertarik menjadi brand ambassador maskapai luar karena exposurenya lebih luas dan bagus. Apalagi masakan saya bisa dinikmati di kelas ekonomi hingga bisnis," papar Farah.

Untuk menu makanan yang disajikan, Farah sengaja memilih menu-menu yang kerap ia jumpai semasa kecilnya yakni, kuliner khas Palembang dan Bengkulu.

Dukungan pemerintah masih kurang

Kendati demikian, ada berbagai hal penting yang sangat disayangkan Farah, termasuk minimnya dukungan pemerintah dalam negeri. Seperti yang ia alami ketika ia mendapat undangan langsung sebagai chef tamu di sebuah hotel bintang lima di Kairo, Mesir.

"Saya sudah mengirimkan proposal ke beberapa instansi seperti Kementerian Pariwisata. Namun hasilnya nihil. Padahal saya di Kairo juga dalam rangka mempromosikan kuliner nusantara," ujarnya. Beruntung katanya, ia justru mendapat dukungan dari pihak swasta seperti hotel dan maskapan penerbangan.

Berdasarkan pengalaman tersebut, Farah berharap agar pemerintah mau lebih mengapresiasi potensi-potensi yang dimiliki anak bangsa. Secara tidak langsung, merekalah agen perubahan yang dapat membawa negara ini menjadi lebih baik.

"Banyak yang bilang kenapa saya selalu menjalin kerja sama dengan maskapai luar negeri? Karena selama ini merekalah yang melihat potensi yang saya miliki, sementara maskapai kita sendiri lebih suka memilih chef bule. Saya berharap masyarakat Indonesia lebih mencintai dan bangga dengan aset dalam negeri," paparnya.

 


Saat ditanya apakah ia tertarik membuka restoran Indonesia di luar negeri, Farah menjawabnya dengan sangat antusias.

"Dari dulu memang sudah ada niatan mau bikin resto di luar. Tetapi yang namanya membuka restoran itu seperti sedang memiliki seorang bayi. Harus dijaga dan dirawat secara rutin dan baik. Kalau untuk saat ini aku belum siap," tukasnya.

Sebelum mengakhiri sesi wawancara eksklusif dengan Okezone, ia tak lupa mengingatkan bahwa wanita Indonesia harus berani dalam mengambil setiap kesempatan, dan mengukir prestasi sebanyak-banyaknya.

"Selamat hari Kartini untuk para wanita Indonesia! 🇮🇩🎉," tulis Chef Farah Quinn dalam caption foto di instagramnya.

(ndr)

Baca Juga

RESEP NENEK: Cobain Sate Goreng atau Krengseng Daging, Olahan Daging Penggugah Selera

RESEP NENEK: Cobain Sate Goreng atau Krengseng Daging, Olahan Daging Penggugah Selera