Sedih, Bangkok Bersihkan Jalanan dari Jajanan Kaki Lima

Sedih, Bangkok Bersihkan Jalanan dari Jajanan Kaki Lima

Jajanan kaki lima di Bangkok akan digusur (Foto:Streetfood)

SELAMA ini jika berwisata ke Bangkok, Thailand, pasti banyak yang mengincar jajanan kuliner pinggir jalan. Namun, ada kabar menyedihkan pemerintah telah melarang kehadiran pedagang kaki lima berjualan baru-baru ini.

The Bangkok Metropolitan Area telah mengumumkan jika mereka akan menghapus vendor pedagang kaki lima hingga akhir 2017 untuk membuat penduduk lebih sehat. Selain itu, alasan tersebut juga berguna untuk menjaga keselamatan penduduk dan turis dengan menyeteril jalanan dari booth makanan.

Hal tersebut tentu akan mengurangi jumlah wisatawan sebab selama ini Bangkok terkenal karena jajanan kuliner kaki limanya, dibandingkan negara lainnya seperti Singapura. Laporan dari The Telegraph menjelaskan jika Gubenur Wanlop Suwande mengatakan jika pihaknya tersebut sudah mengusir vendor dari 50 distrik yang ada Bangkok, dan mengembalikan jalanan trotoar untuk pejalan kaki.

 

Wanlop menyebutkan jika pemerintah sudah memberikan tawaran bagi pedagang tersebut untuk berjualan di pasar, dan vendor jalanan akan mengambil tempat di trotoar. Di Siam sendiri, polisi telah dijalankan sementara Yaowarat dan Khao San Road akan menjadi target selanjutnya.

Tentu saja, undang-undang yang diberlakukan tersebut akan merugikan masyarakat lokal, dan industri pariwisata di Bangkok. Sebab, dengan membersihkan jajanan kaki lima dan pedagang sama halnya seperti menghilangkan budaya di kota tersebut. Padahal bisnis tersebut sudah menjadi salah satu mata pencaharian, dan ini memberikan kesedihan di distrik.

Dengan kehadiran larangan baru tersebut tentu traveler akan terganggu ketika ingin mencari jajanan kuliner di Bangkok. Pasalnya, kota tersebut telah mengalahkan London di tahun 2016 sebagai tempat destinasi terbaik karena budaya jajanan kaki lima yang ditawarkan.

(ndr)

Baca Juga

RESEP NENEK: Cobain Sate Goreng atau Krengseng Daging, Olahan Daging Penggugah Selera

RESEP NENEK: Cobain Sate Goreng atau Krengseng Daging, Olahan Daging Penggugah Selera