3 Oleh-oleh Kuliner Khas Jepara Ini Siap Dibawa Pulang

3 Oleh-oleh Kuliner Khas Jepara Ini Siap Dibawa Pulang

Oleh-oleh khas Jepara (Foto:Google)

 

BERKUNJUNG ke Jepara akan kurang lengkap jika tak turut membawa oleh-oleh makanan khasnya. Jangan hanya membawa kayu ukir saja, makanan Jepara juga banyak yang bisa dibawa sebagai buah tangan.

Membagikan oleh-oleh untuk kerabat atau tetangga tampaknya sudah jadi tradisi turun-temurun. Jika bertandang ke Jepara, banyak oleh-oleh makanan khas yang bisa dibawa. Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (21/4/2017) berikut tiga makanan yang bisa jadi buah tangan khas Jepara.

Kacang Jepara

 


Kacang Jepara termasuk satu yang paling populer. Kacang tanah yang masih berkulit ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan kacang jenis lain karena dimasak menggunakan pasir. Usai dicuci bersih, kacang tanah ini kemudian direbus sebentar, kemudian dimasak kembali dengan pasir yang panas. Proses ini yang membuat kacang memiliki warna gelap dan kehitaman. Teknik pemasakan ini membuat rasa dan aroma kacang terasa khas dan berbeda.

Carang madu

 

Satu yang tak boleh terlewat juga adalah carang madu. Dalam bahasa jawa carang memiliki arti ranting bamboo. Kudapan ini memang bukan terbuat dari ranting bamboo melainkan bentuknya yang berantakan dan tak beraturan layaknya ranting bambu. Carang madu terbuat dari campuran tepung beras, santan dan gula. Setelah matang, carang madu diolesi dengan madu sehingga rasanya manis.

 

Jeruk Jepara

 

Jepara terkenal juga sebagai daerah penghasil tanaman jeruk yang khas. Jeruk khas Jepara dikenal dengan sebutan jeruk swing. Tanaman ini memiliki kekuatan yang luar biasa karena saat tanaman jeruk lain terkena penyakit maka jeruk Jepara ini bisa tetap tumbuh subur. Tanaman jeruk swing juga unik karena tumbuh di tanah berpasir yang kandungan garamnya tinggi. Jeruk Jepara memiliki sejarah yang cukup panjang, buah ini pernah dinyatakan punah namun ternyata keberadaannya kembali ditemui dan hingga kini dibudidayakan oleh masayarakat sekitar.

(ndr)

Baca Juga

POP SUGAR: Es Doger Tapai Kelapa Muda Enak Dinikmati saat Buka Puasa

POP SUGAR: Es Doger Tapai Kelapa Muda Enak Dinikmati saat Buka Puasa