Kenali 4 Masakan Tradisional Kota Jepara Paling Populer

Kenali 4 Masakan Tradisional Kota Jepara Paling Populer

Sop udang khas Jepara (Foto:Cookpad)

APA yang terlintas dalam benak jika Anda mendengar nama Jepara? Dua hal yang dikenal dari kota ini, pertama sebagai kota kelahiran pejuang emansipasi wanita R.A. Kartini dan kedua adalah kota ukir.

Sebagai sebuah kabupaten di Jawa Tengah, kota Jepara banyak menyimpan cerita sejarah, destinasi wisata dan beragam kuliner yang khas dari kota yang berbatasan dengan Laut Jawa ini.

Khususnya untuk para pecinta makanan khas daerah, kota Jepara memiliki keanekaragaman makanan khas yang dijamin akan membuat Anda ketagihan. Berikut ini makanan khas kota Jepara seperti dilansir dari situs memasak Cookpad, Jumat (21/4/2017).

Pindang serani

Bahan utama dari masakan ini adalah ikan laut. Ikan yang biasa diolah untuk masakan ini antara lain ikan kerapu, kakap atau patin. Anda akan merasakan kesegaran sup pindang hasil perpaduan antara rasa manis, asam dan pedas.

Singit

Masakan tradisional ini menggunakan daging sapi sebagai bahan utama yang diolah bersama santan dan kecap manis. Dengan bahan sederhana dan cara pembuatan yang mudah, Singit ini direkomendasikan bagi Anda yang baru belajar masak.

 

Rondho royal

Dikenal juga dengan nama Monyos atau istilah awamnya kita sebut tape goreng. Ini ada panganan ringan khas dari Jepara yang terbuat dari tepung beras yang diisi dengan tape dan digoreng. Rasanya yang manis, asam dan sedikit asin lebih enak dinikmati selagi hangat sebagai teman minum teh atau kopi Anda.

Sop Udang

Beda dengan sop lainnya yang biasa berbahan ayam, alasan mengapa sop udang terkenal di Jepara adalah karena jumlah udang yang cukup berlimpah di wilayah pesisir ini dan cukup gampang dicari dibandingkan daging. Proses pembuatannya sama seperti sop pada umumnya,untuk memperkaya rasa Anda bisa tambahkan kaldu udang

(ndr)
TAG : masa

Baca Juga

POP SUGAR: Es Doger Tapai Kelapa Muda Enak Dinikmati saat Buka Puasa

POP SUGAR: Es Doger Tapai Kelapa Muda Enak Dinikmati saat Buka Puasa