Jejak Sejarah Perjuangan Indonesia di Benteng Portugis Jepara

Jejak Sejarah Perjuangan Indonesia di Benteng Portugis Jepara

Benteng Portugis (Foto: Nasirullah Sitam)

JEPARA adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki banyak jejak sejarah perjuangan Indonesia, dari tempat lahirnya emansipasi wanita hingga tempat bertahannya para pejuang daerah di masa lampau. Di antara yang meninggalkan jejak di sana adalah Benteng Portugis.

Meski bernama Portugis, benteng ini sesungguhnya pernah digunakan untuk menahan penjajah Belanda yang hendak masuk ke Indonesia pada awal abad ke-17. Bangsa Portugis saat itu dimintai bantuan oleh Kerajaan Mataram yang membutuhkan armada laut yang kuat.

Namun, ada mitos cukup mengerikan di sekitar benteng yang dibangun di pantai utara Jepara tersebut. Masyarakat memercayai bahwa diperairan dekat benteng terdapat pusaran air yang merupakan pintu gerbang Keraton Luweng Siluman.

Pintu gaib tersebut dikatakan dijaga oleh Siluman Bajul Putih yang kerap mencari korban orang berkulit putih, seperti penjajah barat yang datang atau melalui Selat Mandalika tersebut dengan kapal.

Namun, Benteng Portugis tersebut kini tidak semengerikan dulu. Kawasan di sekitarnya telah dipugar dan berhasil mengundang banyak wisatawan untuk datang ke sana. Benteng ini sendiri berada di kawasan pantai pasir hitam yang berhadapan langsung dengan Pulau Mandalika.

(ren)

Baca Juga

Mudik Lewat Pantura, Coba Melipir Dulu ke 3 Destinasi di Indramayu Ini

Mudik Lewat Pantura, Coba Melipir Dulu ke 3 Destinasi di Indramayu Ini