Studi: Obesitas Bisa Menyebabkan 13 Jenis Kanker!

Studi: Obesitas Bisa Menyebabkan 13 Jenis Kanker!

Ilustrasi (Foto: Zeenews)

OBESITAS menyebabkan 13 jenis kanker, termasuk pankreas dan kerongkongan. Menurut sebuah penelitian, hal ini karena sel lemak memengaruhi proses pertumbuhan sel kanker di tubuh manusia.

Karena kelebihan lemak dalam tubuh, sel lemak menghasilkan hormon dan protein, menurut penelitian yang dilakukan oleh Imperial College Inggris. Selain dilepaskan ke aliran darah, sel lemak juga beredar di sekitar tubuh dan inilah mengapa mereka meningkatkan risiko beberapa jenis kanker. Sel lemak juga dikatakan memengaruhi proses pertumbuhan sel kanker.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekira 1,9 miliar orang dewasa di seluruh dunia kelebihan berat badan atau obesitas. Dengan obesitas terkait 13 jenis kanker, masalah penambahan berat badan merupakan ancaman serius bagi kehidupan mereka.

Di antara 13 jenis kanker yang berhubungan dengan obesitas adalah esofagus, pankreas, hati, perut, usus, rektum, kandung empedu, paru-paru, ginjal dan ginekologi. Sedangkan khusus wanita adalah kanker payudara, ovarium dan kanker rahim.

"Jenis paling umum termasuk kanker payudara dan usus besar, sedangkan yang paling sulit diobati adalah kanker pankreas, esofagus dan kandung empedu," kata studi tersebut yang dikutip Zeenews, Jumat (21/4/2017).

Mengomentari penelitian tersebut, Deep Goel, Direktur Bedah Onkologi Bariatrik dan Gastrointestinal di Rumah Sakit Khusus BLK Super, mengatakan, obesitas memiliki risiko lebih besar untuk berkembang dan juga meninggal karena beberapa jenis kanker.

"Katakanlah, jika ada satu pasien dengan berat badan normal yang menderita kanker pankreas dan pasien obesitas lain menderita kanker dan stadium yang sama, maka kemungkinan kematian pasien obesitas lebih tinggi," tutur Goel.

Lebih lanjut, Goel menjelaskan faktor yang memicu hal tersebut. Menurutnya, insulin adalah bagian yang sangat penting bagaimana tubuh menggunakan energi dari makanan.

"Ketika orang mengalami obesitas, tingkat peningkatan insulin dalam tubuh dapat membantu sel kanker berkembang. Selain itu, akumulasi lemak dalam tubuh berubah. Tingkat hormon estrogen dan testosteron juga meningkat, yang sekali lagi meningkatkan risiko kanker," pungkasnya.

(hel)

Baca Juga

 Cegah Komplikasi Diabetes, Kontrol Gula Darah dengan Olahraga dan Batasi Kalori

Cegah Komplikasi Diabetes, Kontrol Gula Darah dengan Olahraga dan Batasi Kalori