Selain Olahraga, 4 Hal Ini Bisa Kurangi Risiko Penyakit Ginjal

Selain Olahraga, 4 Hal Ini Bisa Kurangi Risiko Penyakit Ginjal

Ilustrasi (Foto: Hellosehat)

MENJAGA kesehatan agar ginjal Anda selalu sehat memang sangat penting. Untuk itu, Anda harus mencari solusi untuk mengurangi risiko terkena penyakit ginjal. Apa sajakah?

Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh Anda. Organ ini berfungsi dalam pengaturan keseimbangan cairan dalam tubuh, keseimbangan tekanan darah, membuang racun dalam tubuh, dan masih banyak lagi.

Adanya gangguan pada ginjal, tentu dapat memengaruhi kesehatan Anda. Untuk itu, Anda perlu menjaga kesehatan ginjal Anda agar terhindar dari risiko penyakit ginjal.

Berikut ini merupakan hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko penyakit ginjal.

1. Kontrol gula darah, tensi, dan kolesterol Anda

Penyakit lain dapat menjadi faktor risiko utama dari penyakit ginjal. Jika Anda mempunyai diabetes atau tekanan darah tinggi, Anda dapat lebih berisiko terkena penyakit ginjal. Jadi, untuk mengurangi risiko penyakit ginjal, sebaiknya kontrol gula darah dan tekanan darah Anda. Kadar gula darah yang tinggi, tekanan darah yang tinggi, dan kadar kolesterol darah tinggi dapat merusak ginjal Anda.

Gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah yang mengarah ke ginjal dan juga merusak bagian ginjal yang menyaring darah. Sedangkan, tekanan darah dan kolesterol tinggi dapat memberikan tekanan berlebih pada ginjal. Sehingga, kerja ginjal bisa lebih keras dan nutrisi penting yang harusnya disaring oleh ginjal malah bocor keluar dan ada di urin Anda.

2. Konsumsi makanan sehat untuk ginjal

Mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang dapat membantu Anda dalam mengontrol kadar gula darah, tekanan darah, dan kolesterol darah, sehingga risiko Anda terkena penyakit ginjal makin berkurang. Beberapa hal yang perlu Anda lakukan adalah:

• Banyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Anda disarankan untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan sebanyak lima porsi per hari. Dengan begitu, Anda bisa memenuhi nutrisi penting yang Anda butuhkan untuk kesehatan Anda, terutama vitamin, mineral, dan serat.

• Batasi konsumsi garam dan makanan yang mengandung garam. Ingat, beberapa makanan mengandung garam yang tersembunyi, seperti makanan kemasan, makanan kaleng, makanan yang diawetkan, fast food, dan masih banyak lagi. Anda mungkin perlu membiasakan diri mengonsumsi makanan yang dimasak sendiri di rumah untuk mempermudah Anda mengontrol asupan garam Anda.

• Batasi konsumsi lemak jenuh dan lemak trans. Kedua jenis lemak ini tidak baik bagi kesehatan jika terlalu banyak dalam tubuh. Untuk itu, Anda perlu mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans, seperti daging berlemak, makanan kemasan (lihat informasi nilai gizi dalam kemasan), makanan yang digoreng (terutama dengan minyak yang sudah dipakai berkali-kali), fast food, dan lainnya.

3. Lakukan olahraga teratur

Olahraga secara teratur juga dapat membantu Anda dalam mengontrol tekanan darah, kadar gula darah, dan kadar kolesterol. Olahraga juga baik bagi kesehatan pembuluh darah Anda. Sehingga, olahraga teratur diperlukan untuk menjaga kesehatan ginjal Anda.

Anda disarankan untuk melakukan olahraga selama 30 menit per hari. Mulailah dengan olahraga yang ringan, seperti jalan cepat, berlari, bersepeda, dan lainnya.

4. Awasi penggunaan obat Anda

Penggunaan obat yang terlalu sering dalam jumlah banyak dapat merusak ginjal Anda. Hal ini karena ginjal berperan dalam pembuangan sisa-sisa obat dari tubuh. Untuk itu, sebaiknya minumlah obat sesuai dengan rekomendasi atau petunjuk dokter Anda.

Jangan pernah sembarangan dalam mengonsumsi obat, terutama obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID), seperti aspirin dan ibuprofen. Penyakit ginjal dapat disebabkan oleh terlalu banyak atau terlalu lama minum obat-obatan tersebut dari yang direkomendasikan.

5. Berhenti merokok dan minum minuman beralkohol

Merokok dan minum minuman beralkohol, keduanya dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung, yang berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit ginjal. Untuk itu, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk ini demi kesehatan Anda. Demikian dilansir situs Hellosehat.

(tty)

Baca Juga

Dampak Buruk Langsung Tidur Usai Sahur

Dampak Buruk Langsung Tidur Usai Sahur