5 Tanda Anda Mengalami Dengue Shock Syndrome

5 Tanda Anda Mengalami Dengue Shock Syndrome

Ilustrasi (Foto: Medimetry)

BILA demam berdarah tidak diobati, kondisi pasien berlanjut ke dengue shock syndrome (DSS) atau sindrom syok demam berdarah. Ada beberapa gejala yang berkembang ketika pasien mengalami dengue shock syndrome.

Dr Rajesh Gokani, dokter umum dari Fortis S.L Raheja Hospital, India, menyebut beberapa gejala pasien yang mengalami dengue shock syndrome, dilansir dari laman Thehealthsite, Sabtu (22/4/2017).

Nyeri perut

Selain sakit demam, Anda mengalami sakit parah di area perut. Kedua gejala ini merupakan tanda perkembangan sakit demam berdarah menjadi dengue shock syndrome. Bila menemukan gejala tersebut, segera konsultasikan ke dokter sebelum terlambat.

Nyeri otot

Sama seperti demam berdarah, dengue shock syndrome bermanifestasi dan menimbulkan nyeri otot. Pada saat yang bersamaan, jumlah trombosit akan semakin rendah. Bila terjadi demikian, Anda perlu berkonsultasi ke dokter segera.

Mual

Gejala umum lain dari dengue shock syndrome adalah mual. Hal ini bisa disertai dengan hilangnya nafsu makan, akibat demam tinggi dan rasa lemah.

Sakit kepala

Bila Anda memiliki gejala demam tinggi, jumlah trombosit menurun, dan nyeri otot yang disertai dengan sakit kepala, jangan abaikan. Tanda-tanda tersebut menunjukkan kondisi demam berdarah yang mulai memburuk.

​Perdarahan

Sebagian besar gejala ini terlihat anak-anak di bawah sepuluh tahun. Perdarahan yang terjadi dapat menyebabkan pasien muntah darah dan penurunan sirkulasi darah. Inilah tahap yang paling kritis dan harus segera diatasi. Biasanya, jumlah trombosit pasien turun di bawah 10.000.​

(hel)

Baca Juga

Apakah Terinfeksi Virus HPV Pasti Akan Mengembangkan Kanker Serviks?

Apakah Terinfeksi Virus HPV Pasti Akan Mengembangkan Kanker Serviks?