Perubahan Suara Bisa Jadi Gejala Awal Kanker

Perubahan Suara Bisa Jadi Gejala Awal Kanker

Ilustrasi (Foto: Boldsky)

KANKER salah satu penyakit mematikan yang masih menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Namun, kanker tetap bisa dicegah dengan berbagai cara.

Salah satu langkah penting dalam pencegahan kanker adalah deteksi dini. Anda perlu menyadari gejala-gejala awal kanker, sehingga bisa melakukan tindakan pencegahan.

Nah, umumnya, berikut ini adalah gejala-gejala awal kanker yang sering terjadi seperti dilansir dari laman Boldsky:

Perubahan dalam gerakan usus

Segala sesuatu yang tampak tidak biasa mengenai pergerakan usus memang menjadi perhatian. Jika Anda menemukan darah di toilet, itu bisa menjadi salah satu tanda gejala kanker darah.

Perubahan warna urine

Fungsi kandung kemih akan terkena jika mengalami kanker. Anda mungkin menemukan perubahan warna dan bau urine, serta busa atau darah.

Perdarahan

Perdarahan yang tidak dapat dijelaskan harus selalu diperiksa. Darah dari rahim, puting atau bagian tubuh lainnya harus diperiksa untuk mewaspadai gejala awal kanker.

Perubahan suara

Kanker laring dapat menyebabkan perubahan nada suara. Jika mengalami gejala ini, segera periksa ke dokter untuk memastikan masalah sebenarnya.

Batuk konstan

Kanker tenggorokan, paru-paru, kerongkongan dan perut bisa menyebabkan batuk terus-menerus. Jika Anda mengalami batuk yang terus-menerus, nyeri batuk berdarah, maka harus sangat berhati-hati.

(hel)

Baca Juga

Dampak Buruk Langsung Tidur Usai Sahur

Dampak Buruk Langsung Tidur Usai Sahur