MISS INDONESIA 2017: Miss NTB, NTT, dan Papua Tuliskan 2 Kata tentang Kartini

MISS INDONESIA 2017: Miss NTB, NTT, dan Papua Tuliskan 2 Kata tentang Kartini

Kunjungan Miss Indonesia ke Pabrik Sariayu (Foto: Muhammad Sabki/Okezone)

SOSOK Raden Ajeng Kartini telah menginspirasi para wanita untuk berjuang dan tidak takut menyuarakan pendapatnya. Kartini juga diingat sebagai pahlawan pelopor emansipasi wanita.

Tiga finalis Miss Indonesia 2017, Achintya Nilsen dari Nusa Tenggara Barat, Maria Andromeda dari Nusa Tenggara Timur, dan Sara Gabriella dari Papua menuliskan dua kata tentang Kartini. Masing-masing menuliskan dua kata yang menurut mereka menggambarkan sosok Kartini.

Achintya atau yang akrab disapa Tya menulis “Speak up” untuk Kartini yang dinilai sangat berani menyuarakan keinginannya. Kartini tidak takut akan pendapat orang-orang tentang dirinya yang saat itu umumnya wanita hanya duduk manis di rumah dan mengurus anak serta suami.

Sementara Maria Andromeda menggambarkan Kartini sebagai sosok yang “Disiplin dan mandiri”. Nilai kedisiplinan dan mandiri dari Kartini ini yang diadopsi oleh para wanita Indonesia dalam menjalani hidup. Termasuk di dunia kerja, di mana wanita telah bisa mendapatkan pekerjaan yang sejajar dengan pria. Para wanita juga tidak takut untuk menghidupi dirinya sendiri tanpa harus bergantung pada pria.

Lalu bagaimana dengan dua kata dari Sara Gabriella? Rupanya ia menuliskan “Be yourself” untuk menggambarkan sosok Kartini. Jika belajar tentang sosok Kartini, kita memang akan melihat bahwa Kartini tidak pernah takut menjadi dirinya sendiri. Dari pemikirannya itulah, Kartini bisa memperjuangkan hak kaum wanita hingga berjalan kurang lebih seabad.

(ren)
TAG : NTB

Baca Juga

Perawatan <i>Antiaging</i> Perlu Dilakukan saat Masih Muda!

Perawatan Antiaging Perlu Dilakukan saat Masih Muda!