FOOD STORY: Melancong ke Lahat, Cicipi Hehancang Tehung Kuliner Khasnya

FOOD STORY: Melancong ke Lahat, Cicipi Hehancang Tehung Kuliner Khasnya

Olahan terung (Foto:Ilustrasi/Rodale)

SETIAP daerah sudah bisa dipastikan memiliki sajian hidangan khas yang terkadang hanya bisa ditemui di daerah tersebut. Salah satunya jika berkunjung ke Lahat, ada menu yang sangat sulit didapatkan jika bukan di daerah asalnya, Lahat, Sumatera Selatan.

 

Okezone menelusuri hidangan khas Lahat yang memang tidak banyak jenis. Satu yang khas adalah hehancang tehung. Olahan ini dijadikan masyarakat Lahat sebagai santapan harian yang sudah diolah secara turun menurun.

Hehancang tehung sendiri adalah hidangan yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia memiliki arti masakan terung. Resep yang diperoleh masyarakat merupakan resep warisan nenek moyang sehingga rasanya dijamin autentik dan khas sejak zaman dahulu.

Selain sering disajikan sebagai hidangan sehari-hari di rumah masyarakat Lahat, hidangan ini juga kerap hadir saat perayaan acara besar dan juga sebagai makanan untuk jamuan menyambut tamu.

Bahan baku utama pembuatan hehancang adalah terung bulat yang dicampur dengan jamur dan ikan asap. Racikan bumbu yang khas membuat rasanya kadang bikin wisatawan betah berlama di Lahat.

(ndr)

Baca Juga

Rekomendasi Menu Sahur Praktis, Baby Buncis Siram Daging

Rekomendasi Menu Sahur Praktis, Baby Buncis Siram Daging