Nostalgia dengan Wajah Alun-Alun Kota Bandung

Nostalgia dengan Wajah Alun-Alun Kota Bandung

Alun-alun Bandung (Foto: Wikipedia)

BANDUNG akhir-akhir ini kian menarik perhatian masyarakat ibu kota Jakarta. Banyaknya perubahan-perubahan yang digagas oleh wali kotanya, Ridwan Kamil, seakan menggoda para wisawatan yang khususnya remaja dan dewasa muda untuk berkunjung ke kota Kembang itu.

Ada banyak wisata alam dan budaya yang bisa dikunjungi serta memiliki panorama yang begitu mempesona, salah satunya ialah alun-alun kota Bandung, yang terletak di Jl. Asia Afrika, Balonggede, Regol, Kota Bandung, Jawa Barat.

Alun-alun yang kini diramaikan oleh warga lokal dan luar daerah itu ditata dengan rapi dan bersih, serta warga yang datang berkunjung pun memiliki kesadaran yang tinggi untuk menjaga kebersihan di tempat kebanggaan itu. Jadi, lingkungan alun-alun menjadi kian nyaman dan terjaga kebersihannya.

(Foto: Bandungkab)

Bagi Anda yang sudah mengunjungi dan terlanjur jatuh cinta dengan alun-alun kota Bandung, pasti penasaran bukan bagaimana wajah alun-alun itu pada 17 hingga 100 tahun lalu? Dan bagi Anda yang belum mengunjungi, bisa terus baca artikel ini agar lebih menghargai kebersihan dan kenyamanan objek wisata.

Dikutip dari berbagai sumber, sekira 100 tahun lebih lalu, di bagian tengah alun-alun Bandung ditanami sepasang pohon beringin yang dilambangkan sebagai pengayom. Wilhelmina Boom, begitulah nama salah satu pohon itu, sedang yang satunya lagi ditanam pada 1909 dengan naa Juliana Boom. Keduanya ditanam untuk menandai pelantikan ratu Wilhelmina dan kelahiran ratu Juliana. Kedua pohon beringin ini seringkali digunakan berteduh bagi masyarakat yang berkunjung. Namun, menjelang kependudukan Jepang kedua pohon ini akhirnya tumbang, yang sekaligus diartikan sebagai runtuhnya juga Pemerintahan Belanda.

(Foto: Wikipedia)

Singkat cerita, akhirnya memasuki tahun 1997, alun-alun kota Kembang ini mengalami kondisi terburuk karena banyak pedagang kaki lima yang tidak beraturan, kendaraan umum berhenti di sembarang tempat, bahkan lingkungannya terlihat kumuh karena banyak tunawisma meminta-minta di tempat yang kini sudah sangat berubah 180 derajat itu.

Anda bisa melihat bukan bagaimana suasana yang Anda inginkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang-orang tersayang di akhir pekan?

(hel)
TAG : LG LG
Berita Rekomendasi Wisata di Bandung

Baca Juga

OBAMA MUDIK: Obama Kaget Pemandangan Menteng Bukan Sawah, Tapi Sesak Penduduk

OBAMA MUDIK: Obama Kaget Pemandangan Menteng Bukan Sawah, Tapi Sesak Penduduk