Ritual Berdoa dan Bersihkan Kuburan Jelang Puasa di Padangsidimpuan

Ritual Berdoa dan Bersihkan Kuburan Jelang Puasa di Padangsidimpuan

Ilustrasi Makam (foto: Okezone)

PULUHAN Naposo Nauli Bulung (pemuda/pemudi), di Jalan BM Muda, Kelurahan Silandit, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara (Sumut) menggelar ritual doa dan membersihkan kuburan. Tradisi tersebut dilaksanakan dalam rangka menyambut bulan Ramadan.

Pagi itu, puluhan muda-mudi terlihat berkumpul di tempat pemakaman umum (TPU) Silandit. Ternyata, mereka akan menggelar acara berdoa untuk membersihkan kuburan. Kegiatan itu sudah menjadi ritual tahunan, tepatnya menjelang bulan puasa.

Masing-masing muda-mudi itu membawa cangkul, parang dan alat kebersihan lainnya. Setelah diberikan arahan oleh Ketua Naposo Nauli Bulung (NNB), Muhammad Rukun, mereka langsung bekerja.

(foto: Zia Ulhaq/Koran Sindo)

Ratusan batu nisan di wilayah TPU tersebut langsung dibersihkan. Ada yang membersihkan rumput yang sudah menutupi kuburan dan ada juga yang menyapu rumput hasil pembersiham kuburan itu.

Sampah-sampah yang ada di atas kuburan langsung dibersihkan dan dibakar. Ironisnya, untuk membeli minuman, mereka kutip dari uang pribadi muda-mudi yang ada di wilayah itu.

Ketua NBB Muhammad Rukun mengatakan, tradisi berdoa dan membersihkan kuburan tersebut sudah menjadi warisan dari para orang tua mereka."Setiap tahun kami pasti buat tradisi seperti ini," ujar Rukun, ketika ditemui di lokasi.

Dia mengatakan, makna dari kegiatan tersebut adalah untuk menghormati orang yang sudah meninggal, karena semua yang di kubur di TPU berasal dari wilayah itu. "Orang yang sudah meninggal juga harus dihormati, makanya dibuat tradisi seperti ini tiap tahunnya," sambungnya.

Menurut Rukun, adanya tradisi seperti itu agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Menurutnya, mengingat mati merupakan cara yang mudah untuk introfeksi diri untuk mencegah dari perbuatan yang mengandung dosa. Dia menegaskan, tradisi seperi ini akan tetap dilaksanakan tiap tahunnya.

(fid)
moslemtravel

Baca Juga

5 Transportasi Paling Unik di Asia, Coba Naik <i>Yuk</i>!

5 Transportasi Paling Unik di Asia, Coba Naik Yuk!