Hari Buku Nasional 2017, Ajak Anak Gemar Membaca sejak Dini

Hari Buku Nasional 2017, Ajak Anak Gemar Membaca sejak Dini

Anak membaca buku (Foto: Huffingtonpost)

ADA segudang manfaat bila kita gemar membaca. Dari satu buku, ada banyak wawasan yang diperoleh. Itulah mengapa buku dijuluki sebagai jendela dunia.

Pentingnya buku membuat UNESCO menetapkan Hari Buku Internasional setiap 23 April agar semua orang di dunia gemar membaca. Sementara itu, tak mau kalah dengan dunia, Indonesia menetapkan Hari Buku Nasional pada 17 Mei. Guna mengajak seluruh masyarakat di Tanah Air mencintai buku.

Dalam memperingati Hari Buku Nasional 2017, sebuah komunitas pembaca, Goodreads Indonesia menggalakkan kampanye gemar membaca, khususnya dimulai sejak anak-anak usia dini.

Menurut Ketua Komunitas Pembaca, Goodreads Indonesia, Rahmat Hanif, memperlihatkan aktivitas membaca buku kepada anak sejak mereka kecil akan menumbuhkan ketertarikan membaca pada anak. Sebab anak akan mengikuti apa yang orangtuanya lakukan.

"Perkenalkan semua jenis bacaan, agar anak menemukan bacaan yang mereka suka. Semua jenis buku baik diberikan kepada anak dan memiliki manfaatnya masing-masing. Mulai dari dongeng, ilmu pengetahuan, dan buku nonfiksi," terang pria yang akrab disapa Hanif itu kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Ia berpendapat menumbuhkan budaya membaca tidak bisa dipaksa. Apalagi memaksakan orang-orang generasi sebelum kita (usia 60 tahun ke atas) membaca buku. Daripada memaksa, sebaiknya mulai dari diri sendiri dan menularkannya ke generasi selanjutnya.

"Menuntut semua orang langsung gemar membaca di Indonesia itu sangat sulit. Karena mamang tidak menjadi budaya kita. Oleh sebab itu, generasi yang sudah sadar pentingnya membaca, sudah harus membiasakan diri agar anak-anak ikut gemar membaca," imbuhnya.

(vin)

Baca Juga

Moms, Anak Anda Kategori Manja atau Tidak? Yuk Cek di Sini

Moms, Anak Anda Kategori Manja atau Tidak? Yuk Cek di Sini