Kenapa Rasulullah Menganjurkan Segera Tidur Setelah Salat Isya?

Kenapa Rasulullah Menganjurkan Segera Tidur Setelah Salat Isya?

Ilustrasi orang salat (Foto: Shutterstock)

WAKTU setelah Isya sepertinya saat terbaik untuk bersantai, melepas lelah, dan berbincang-bincang setelah bekerja seharian. Suasana ini seringkali dijumpai, terutama di kota-kota besar.

Terlihat banyak orang ngobrol di kafe, rumah, mal, di jalan, bahkan di mana saja ada tempat duduk dan teman. Kebanyakkan dari mereka juga adalah kaum muslim.

Namun, tahukah Anda kalau Rasulullah SAW, melarang ngobrol setelah waktu Isya?

Sebuah riwayat ari Abu Barzah, bahwa ''Rasulullah SAW tidak suka tidur sebelum salat Isya dan berbincang-bincang setelahnya." (HR. Bukhari : 410/2)

Sementara itu hadist ini diperkuat oleh istri Rasulullah SAW, Aisyah RA.

"Rasulullah SAW tidak tidur sebelum 'Isya' dan tidak berbincang-bincang setelahnya. Beliau juga melarang kami berbincang-bincang setelah 'Isya', yakni melarang dengan peringatan kepada kami." (HR. Ibnu Majah : 396-397/02)

Larangan ini juga diungkapkan oleh Rasulullah SAW sendiri. Beliau bersabda,

"Tidak ada obrolan (setelah salat 'Isya'') kecuali bagi orang yang sedang salat atau orang yang bepergian." (H.R. At-Tirmidzi : 279/1)

Ada pun hikmah dari larangan ini ialah, langsung tidur setelah salat Isya memudahkan kaum muslim salat tahajud pada malam hari dan bermunajad kepada Allah SWT. Obrolan tengah malam juga dapat membawa manusia membicarakan topik yang tidak perlu. Seperti menjurus ke ghibah atau gosip. Obrolan tersebut adalah sia-sia.

Akan tetapi, kemurahan juga diberikan oleh Rasulullah SAW bagi umatnya untuk berbincang pada malam hari. Yakni bicara tentang agama atau bermanfaat dan bagi yang sedang berpergian.

Dari Umar, dia berkata; "Rasulullah SAW bermusyawarah semalaman dengan Abu Bakar tentang urusan kaum muslimin, dan aku bersamanya." (H R. Ahmad : 311/1)

(vin)
tipsramadan

Baca Juga

Moms, Anak Anda Kategori Manja atau Tidak? Yuk Cek di Sini

Moms, Anak Anda Kategori Manja atau Tidak? Yuk Cek di Sini