3 Varian Semur Paling Populer di Indonesia

3 Varian Semur Paling Populer di Indonesia

Semur tahu telur (Foto:Instagram)

PENCINTA kuliner nusantara pasti sudah tidak asing lagi dengan semur. Hidangan ini merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang terdiri dari daging rebus, serta kuah manis yang diolah menggunakan bumbu kecap manis dan rempah-rempah.

Semur umumnya terbuat dari olahan daging sapi rebus. Seiring perkembangan zaman, hidangan ini mulai dikreasikan oleh sejumlah kalangan, sehingga memunculkan variasi-variasi semur terbaru.

Dilansir Okezone dari berbagai sumber, berikut variasi semur yang paling populer di Indonesia. Anda juga bisa loh mengolahnya di rumah, Kamis (18/5/2017).

 

Semur jengkol

 


Semur jengkol merupakan salah satu makanan khas Betawi yang sangat populer. Semur jengkol biasanya disajikan bersama nasi uduk hangat, dan beberapa makanan pelengkap lainnya. Membuat semur jengol tidaklah sembarangan. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, termasuk ketepatan bumbu agar rasanya dapat menyatu secara sempurna. Masyarakat betawi biasanya akan merebus jengkol terlebih dahulu untuk menghilang aromanya yang kuat, serta melunakkan teksturnya.

 

Semur ayam

 

A post shared by Verlia Noni (@verlianoni) on


Seperti namanya, olahan semur ini menggunakan bahan dasar daging ayam yang dipadukan dengan bumbu kecap dan rempah-rempah. Tekstur daging yang empuk, serta rasa manis gurih bumbu kecap, menghasilkan sesansi rasa yang dapat menggelitik lidah. Jika dilihat sekilas, hidangan ini tampak seperti ayam kecap. Yang membedakan adalah, semur ayam disajikan bersama kuah manis nan lezat.

Semur tahu dan tempe

 

A post shared by zee turjihan (@zeeturjihan) on


Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini, ternyata juga sangat lezat untuk disemur. Teknik pengolahannya pun hampir sama seperti membuat semur pada umumnya. Anda hanya perlu menumis tahu dan tempe, kemudian tambahkan bumbu kecap manis serta bumbu rempah-rempah seperti kemiri. Agar terasa lebih nikmat, sebagian orang kerap menambahkan potongan tomat segar ke dalam tumisan. Mudah bukan?

(ndr)

Baca Juga

Kue Apem, Simbol Tradisi Memaafkan Menjelang Ramadan

Kue Apem, Simbol Tradisi Memaafkan Menjelang Ramadan