Moms, Tak Perlu Diberi Hukuman! Mendisiplinkan Remaja Cukup dengan Kasih Sayang

Moms, Tak Perlu Diberi Hukuman! Mendisiplinkan Remaja Cukup dengan Kasih Sayang

Pola asuh remaja (Foto: Parent4success)

REMAJA amat rentan menjadi seseorang yang suka membantah. Hal ini bisa terjadi jika pola asuh yang Anda gunakan terlalu keras atau terlalu lunak.

Namun mendisiplinkan remaja tidak harus dengan cara menghukumnya. Ada banyak cara bijak dan lebih baik yang bisa Anda lakukan untuk mendisiplinkan anak remaja Anda. Simak ulasannya seperti dilansir dari Ahaparenting, Jumat (19/5/2017) berikut ini:

Tetapkan harapan yang jelas

Di setiap keluarga tentu saja harapan terhadap anaknya berbeda-beda. Jika Anda mengharapkan sesuatu dari anak remaja, seperti ingin dia memperlakukan satu sama lain dengan baik, jujur, dan tidak membuat kekacauan, sampaikan hal ini dengan jelas. Sehingga dia tahu nilai-nilai dalam keluarga yang harus dijaga.

Berikan dukungan

Berikan dukungan apapun yang diperlukan agar anak Anda memenuhi harapan. Jika anak remaja Anda bersikap kasar, anggaplah itu sebuah tanda bahwa ada pekerjaan yang harus Anda lakukan untuk membereskannya. Anak remaja masih berada dalam pencarian jati diri dan masih labil, dia butuh bantuan Anda untuk membimbingnya dalam hal apapun.

Buatlah kebiasaan yang baik

Ketika Anda sedang menetapkan batasan seperti dia harus belajar tanpa gangguan gadget, temani dia. Tetapi jangan membuatnya takut dengan wajah galak Anda. Sebaiknya, temani dia dengan wajah ceria Anda dan pastikan dia merasa nyaman di dekat Anda. Lama-kelamaan, ini akan menjadi kebiasaan yang baik.

(vin)

Baca Juga

LIFE STORY #2: Divonis Buta, ''Apakah Saya Hanya Bisa jadi Tukang Pijat atau Mengemis?''

LIFE STORY #2: Divonis Buta, ''Apakah Saya Hanya Bisa jadi Tukang Pijat atau Mengemis?''