Tips Mengolah dan Menyimpan Santan agar Tahan Lama

Tips Mengolah dan Menyimpan Santan agar Tahan Lama

Agar santan tahan lama (Foto: Cocofut)

SEBAGIAN besar penduduk Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan santan. Bahan makanan ini memang ampuh memberikan rasa gurih dan lezat pada masakan.

Umumnya santan dicampurkan pada olahan sayur, soto, puding, roti, rendang, hingga kue kering. Namun, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum mengolah santan.

Nah, berikut Okezone rangkumkan tips mengolah dan menyimpan santan untuk Anda, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Jumat (19/5/2017).

 

Memperoleh banyak santan

Untuk memperoleh santan yang banyak dan putih bersih, Anda bisa memilih kelapa yang tidak terlalu tua (sedang). Setelah itu, kupas kulit arinya, lalu parut secara teliti. Peras kelapa parut dengan air hangat hingga santan yang keluar pun lebih banyak.

Tambahkan tepung beras

Agar tekstur santan tidak pecah, Anda bisa menambahkan sedikit tepung beras, aduk hingga merata. Setelah melewati proses ini, santan sudah siap dimasukkan ke dalam masakan.

 

Menyimpan santan

Jika ingin menyimpan santan dalam waktu yang lama, masaklah santan sampai mendidih dengan sedikit garam, lalu dinginkan. Kemudian masukkan santan ke dalam kantong plastik dan simpan dalam freezer. Dengan cara ini, santan dapat tahan hingga 1 bulan.

(ndr)
Berita Rekomendasi Seputar santan

Baca Juga

Bagel Pelangi Bertabur Kilap Glitter Ini Siap Jadi Buruan <i>Foodies</i>

Bagel Pelangi Bertabur Kilap Glitter Ini Siap Jadi Buruan Foodies