RESEP PILIHAN: Bosan Bihun Ayam, Jajal Bikin Bihun Sapi Kuah Santan

RESEP PILIHAN: Bosan Bihun Ayam, Jajal Bikin Bihun Sapi Kuah Santan

Bihun kuah santan (Foto:Ilustrasi

BAGI Anda yang bosan menyantap nasi dengan lauk yang itu-itu saja, Anda dapat memilih mi atau bihun sebagai pengganti nasi yang juga mengenyangkan namun lebih ringan. Untuk hidangan makan malam, mi ataupun bihun dapat dipadukan dengan daging ayam, daging sapi, sayur-sayuran dan yang lainnya.

Seperti resep dari Taste.com.au ini, misalnya. Dengan memadukan bihun, daging sapi, kacang kapri dan santan, Anda sudah dapat membuat hidangan simple namun istimewa dan menggugah selera. Yuk, intip cara membuat Bihun Sapi Kuah Santan berikut ini!

 

Bahan-bahan:

100 gram bihun

600 gram daging sapi fillet (bumbui dengan garam dan merica)

2 sdt minyak kacang

3 bh daun bawang, iris tipis

1 liter kaldu ayam

150 gram kacang kapri, iris tipis

1 bh jeruk nipis, ambil airnya

250 ml santan

Daun ketumbar, cabai merah iris dan jeruk nipis, untuk pelengkap

 

Cara membuat:

1. Siapkan bihun dalam mangkuk tahan panas kemudian siram dengan air mendidih dan sisihkan selama 5 menit hingga mengembang, tiriskan.

2. Panaskan panggangan barbeque atau chargrill pada medium-high. Masak daging selama 2-3 menit di setiap sisinya hingga matang sesuai dengan keinginan anda. Letakkan daging ke dalam piring, tutup dengan aluminium foil dan sisihkan selama 5 menit untuk beristirahat, kemudian iris tipis.

3. Sementara itu, panaskan minyak dalam panci besar dengan api sedang. Tambahkan daun bawang dan masak selama 2 menit. Tambahkan air kaldu, didihkan. Kecilkan api. Tambahkan kacang kapri, air jeruk nipis dan santan, kemudian didihkan kembali selama 5 menit.

4. Siapkan bihun dalam mangkuk saji, siram dengan kuah dan tambahkan daging sapi, daun ketumbar dan irisan cabai merah diatasnya. Sajikan dengan irisan jeruk nipis sesuai selera.

(ndr)

Baca Juga

RESEP NENEK: Semur Jengkol Khas Betawi untuk Hari Raya? Kenapa Tidak

RESEP NENEK: Semur Jengkol Khas Betawi untuk Hari Raya? Kenapa Tidak