Indonesia Bisa Jadi Surga Pecinta Kopi, Teh dan Cokelat, Ini Buktinya!

Indonesia Bisa Jadi Surga Pecinta Kopi, Teh dan Cokelat, Ini Buktinya!

Kopi (Foto: Boldsky)

KEKAYAAN alam Indonesia memang tidak bisa diremehkan. Suburnya tanah dan kontur geografis yang beragam, membuat banyak tanaman bisa tumbuh dan menghasilkan komoditas berkualitas premium.

Sebut saja komoditas kopi, teh dan cokelat Nusantara yang kualitasnya sudah diakui dunia. Jadi tak heran jika Indonesia bisa jadi surga bagi para pecinta kopi, teh dan cokelat. Untuk jenis kopi saja misalnya, hampir setiap daerah memiliki kopi khas yang punya ciri dan karakter masing-masing.

Ditemui di acara Konvensi Kopi, Teh dan Cokelat Indonesia (KKTC 2017) di Kelapa Gading, Tazbir, SH, M.Hum selaku Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintahan mengatakan tiga komoditas pertanian ini punya potensi yang sangat besar bahkan dari empat angle.

"Dari kopi, teh dan cokelat bisa kita tarik empat angle yang saling berkaitan. Potensi, presentasi, kebijakan dan pariwisata. Jadi sebenarnya ini adalah hal yang besar dan potensial," kata Tazbir.

Pria ini juga menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia, dirinya pasti menemukan dan disuguhkan kopi. "Pergi ke mana saja di Indonesia pasti ada kopi khasnya, bahkan di tempat terpencil sekalipun. Ini menandakan bahwa kopi Indonesia bisa jadi salah satu penarik perhatian orang," lanjutnya.

Hal senada juga diungkapkan Kuntari Sapta Nirwandar selaku Ketua Pelaksana KKTC 2017, dengan adanya pameran dan konvensi diharapkan semakin banyak yang menikmati komoditas hasil bumi Indonesia khususnya produk kopi, teh dan cokelat.

"Kopi, teh dan kakao merupakan produk unggulan Indonesia. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam upaya meningkatkan mutu dan penjualan ketiga komoditas tersebut," jelasnya.

Hasil komoditas ini sudah bisa dibilang cukup banyak, hanya saja proses pengolahan dan pengemasannya masih harus diperbaiki. Bukan tidak mungkin saat semua aspek sudah rapi, setiap daerah di Indonesia bisa jadi surga bagi para penikmat dan pecinta kopi teh serta cokelat lokal.

(ren)
TAG : kopi

Baca Juga

Tips Menyimpan Kacang Goreng agar Tidak Mudah Tengik & Tahan Lama

Tips Menyimpan Kacang Goreng agar Tidak Mudah Tengik & Tahan Lama