Nias Juga Punya Laut Mati Lho

Nias Juga Punya Laut Mati Lho

Pantai Tureloto, Nias (foto: Instagram/@yogi_issigie)

SELAMA ini laut mati hanya bisa ditemukan di Yordania saja. Namun, Nias juga punya lho laut serupa yang berlokasi di Pantai Tureloto.

Pantai Tureloto ini memiliki fenomena unik, di mana kadar air lautnya sangat tinggi sehingga dengan mudah Anda bisa mengapung. Dan, tak perlu khawatir akan tenggelam, airnya sangat tenang.

Pantai Tureloto memiliki air laut biru jernih yang tenang dan langsung menghadap ke Samudera Hindia. Gugusan karang terletak beberapa meter dari bibir pantai. Deretan karangnya seolah membentengi laut dari ombak besar sehingga membentuknya seperti danau atau kolam alam. Dan bagi wisatawan yang tak bisa berenang juga tidak perlu khawatir tenggelam. Karena di pantai ini kamu akan dengan mudahnya terapung di permukaan. Hal ini terjadi karena air laut di Pantai Tureloto memiliki kadar garam yang tinggi seperti air di Laut Mati, Yordania. Bentuk karang-karang di sepanjang pantai ini sangatlah unik. Salah satu adalah karang berbentuk setengah lingkaran menyerupai otak manusia, terlihat menonjol dari lainnya. Masyarakat pun menyebut karang tersebut 'Batu Otak'. Dahulu Tureloto sama seperti pantai-pantai lain dengan hamparan pasir putih. Namun kemudian muncul batuan karang ke permukaan yang diakibatkan surutnya air laut karena gempa tahun 2005 silam. Orang-orang kini menyebut pantai tersebut dengan sebutan 'Laut Mati-nya Indonesia' . . #indonesia #jakarta #bandung #semarang #surabaya #medan #makassar #sumatera #jawa #bali #kalimantan #sulawesi #maluku #papua #fakta #info #video #wowfaktavideo #wftureleto #pantai #lautmati #pantaitureloto #etnisnias Photo by: @yustinkakrisdi

A post shared by Nias.Indonesia (@etnisnias) on Jul 19, 2016 at 7:05pm PDT

Selain kadar garam tinggi yang menyebabkan manusia bisa mengapung, keindahan alam di pantai Tureloto ini rasanya tak bisa dihindari. Bayangkan saja perpaduan warna biru dan toska sangat terlihat jelas terlihat membuat siapa pun akan betah berlama-lama di sana.

Perairan di sana juga tak seperti pantai Sorake yang berombak besar. Airnya sangat tenang, dan nyaman karena hadirnya terumbu karang bawah laut yang memesona, dan sehat. Anda juga harus menyicipi kehiduoan bawah lautnya karena banyak ikan hias akan menghampiri Anda.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (18/5/2017), di bibir pantai juga masih terbilang sepi, di mana akan sedikit sekali menemukan akomodasi penginapan. Namun, sudah tersedia toilet, dan juga warung makan yang bisa Anda nikmati seusai mengapung di laut mati.

Pantai Tureloto terletak di Desa Balefadorotuho, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara. Untuk mencapai lokasi, Anda harus pergi ke Gunung Sitoli terlebih dahulu dengan waktu tempuh selama dua jam.

(fid)
TAG : Laut Laut

Baca Juga

OKEZONE STORY #6: Sabar Gorky, "Keberhasilan Berawal dari Diri Kita Sendiri"

OKEZONE STORY #6: Sabar Gorky, "Keberhasilan Berawal dari Diri Kita Sendiri"