Desa Bawomataluo Bisa Bikin Traveller Betah di Nias, Lho!

Desa Bawomataluo Bisa Bikin Traveller Betah di Nias, Lho!

Desa Bawomataluo, Nias (foto: Instagram/@discovernias)

BANYAK tempat yang mengagumkan di Nias. Bawomataluo salah satunya. Desa yang merupakan desa tradisional terbesar dan terbaik di Pulau Nias.

Saking meraih dua predikat sekaligus, desa ini pun disebut sebagai Kings Village. Ada seorang kepala suku bak raja yang sangat berkuasa memerintah desa-desa di sekitarnya.

Di desa ini, rumah penduduknya masih sangat tradisional khas Nias yang bernama Omo Hada. Menurut banyak penelitian, rumah tradisional ini adalah contoh arsitektur vernakular terbaik di Asia.

Dikatakan terbaik karena dibangun tanpa menggunakan paku dan diduga mampu menahan gempa bumi yang kuat. Masih ada lebih dari 100 rumah Omo Hada di Desa Bawomataluo.

Rumah berbentuk persegi empat khas Nias didirikan saling berdekatan satu sama lain. Seorang kepala suku yang sangat berkuasa tadi tinggal disebuah rumah yang bernama Omo Zebua, yang bisa dikunjungi wisawatan.

Tidak hanya melihat uniknya rumah adat Nias, wisatawan juga bisa melihat batu-batu besar bersejarah yang ada banyak di desa Bawomataluo. Batu besar yang digunakan untuk tradisi lompat batu ada di depan rumah kepala suku.

Desa Bawomataluo ternyata sudah masuk dalam daftar warisan dunia, yang artinya Anda tidak akan menyesal telah berkunjung ke sana.

(fid)

Baca Juga

Royal Safari Garden Resort & Convention, Hadirkan Kegembiraan Liburan untuk Keluarga Anda

Royal Safari Garden Resort & Convention, Hadirkan Kegembiraan Liburan untuk Keluarga Anda