Siap-Siap Takjub Melihat Kemegahan Budaya Nias di Museum Pusaka

Siap-Siap Takjub Melihat Kemegahan Budaya Nias di Museum Pusaka

Koleksi di Museum Pusaka Nias (Foto: Dok Museum Pusaka Nias)

NIAS tidak henti-hentinya menggoda para wisatawan yang datang. Wisatawan akan jatuh cinta berkali-kali tiap kali datang ke pulau ini. Indah dan eksotis saja tidak cukup untuk mendeskripsikan betapa mengagumkannya Nias dan ombaknya yang luar biasa.

Memiliki sebuah tempat menyimpan benda-benda pusaka dan sejarah membuat Nias kian kaya tidak hanya alamnya tapi juga rekam jejak tanahnya yang penuh nilai histori. Museum Pusaka lah satu-satunya tempat di Nias yang dapat menunjukkan pada wisatawan dulu pulau ini pernah dihuni binatang langka.

(foto: Museum Pusaka Nias)

Terletak di Jl. Yos Sudarso No. 134-A, Gunung Sitoli, Nias, Sumatera Utara, museum ini merupakan museum swasta dan satu-satunya museum di Kepulauan Nias. Di museum yang dibangun oleh seorang pastor bernama Johannes M. ammerle pada 1995 ini menjadi tempat disimpannya benda-benda bersejarah masyarakat Pulau Nias sekira 6000 buah.

Dengan letakknya yang hanya 20 kilometer dari bandar udara Binaka, Anda bisa dengan mudah melihat artefak-artefak unik seperti patung Sarambia, sisir emas "Sukhu Ana'a", ukiran batu "Osa-osa Ni'oboho", penutup kepala "Takula Gere" dan masih banyak yang lainnya.

Jika Anda hendak berkunjung ke museum Pusaka Nias ini, maka harus siap takjub berkali-kali karena benda-benda yang tersimpan di sini adalah bukti-bukti kemegahan Nias pada masa lalu yang terus ada sampai sekarang.

(fid)

Baca Juga

Jangan Lewatkan Keseruan Lomba Mendayung Rakit Tradisional di Sungai Lematang

Jangan Lewatkan Keseruan Lomba Mendayung Rakit Tradisional di Sungai Lematang