Benteng Jaisalmer Rajasthan Jadi Perhiasan Emas India

Benteng Jaisalmer Rajasthan Jadi Perhiasan Emas India

Benteng Jaisalmer, Rajasthan (foto: Daniel Villafruela/Wikimedia)

JIKA berkunjung ke India, banyak wisatawan pergi menyambangi Taj Mahal sebagai salah satu situs kuno. Namun, masih ada yang lebih menarik untuk diulik lho, salah satunya Benteng Jaisalmer di Rajasthan.

Mengapa menarik? sebab benteng ini menjadi salah satu bangunan bersejarah yang jadi perhiasan cantik di India. Dijamin bagi pecinta situs bersejarah, Anda akan terpesona dengan kemegahan bangunan besar di daerah ini.

Benteng ini sudah ada sejak abad 12 AD, dibangun oleh Bhati Rajput yang saat itu diperintahi oleh Rawal Jais. Jailsal menguasai bangunan hingga abad 13, dan di abad ke 16 bangunan dikenal sebagai Mughals di masa pemerintahan Humayun.

(foto: Gerard Janot/Wikimedia)

Benteng Jaisalmer ini berdiri di aras bukit Trikuta yang menghadirkan pemandangan sempurna dari gurun pasir Thar. Tampilan bangunan yang kuat bisa terlihat jelas ketika matahari akan turun dari bumi, pemandangan sungguh memesona sekali. Banyak yang mengatakan jika benteng tersebut merupakan benteng emas.

Benteng ini punya tiga layar dinding, yang dulunya menjadi tempat tinggal keluarga kerajaan, kuil, dan juga ada beberapa rumah yang dikenal dengan sebutan Havelis. Atraksi lainnya yang bisa ditemukan adalah perpustakaan kuno dan kuil yang sudah ada sejak abad ke 12 .

Dilansir dari archeologytravel, untuk menyambangi benteng Jaisalmer wisatawan harus pergi ke perbatasan antara India dan Pakistan. Sebab bangunan ini berlokasi di dekat Pakistan, dan sangat antik.

(fid)
TAG : india india

Baca Juga

HARI MERDEKA: 7 Destinasi Wisata untuk Mengenal Sejarah Indonesia, Toraja Salah Satunya

HARI MERDEKA: 7 Destinasi Wisata untuk Mengenal Sejarah Indonesia, Toraja Salah Satunya