Jurus Aman Berpuasa bagi Penderita Asam Lambung

Jurus Aman Berpuasa bagi Penderita Asam Lambung

Ilustrasi (Foto: Mirror)

PENDERITA asam lambung kerap khawatir dengan kondisi kesehatannya saat puasa. Anda bisa mencegahnya dengan cara mengatur pola makan yang baik, terutama saat mulai berbuka.

Spesialis Penyakit Dalam-Konsultan Gastroenterologi dan Hepatologi dr Hardianto Setiawan, SpPD-KGEH mengatakan, ciri-ciri asam lambung naik bisa menimbulkan rasa nyeri. Selama berpuasa, penderitanya tetap disarankan untuk mengatur aktivitas fisik dan pola makan.

"Ketika sahur sampai buka puasa waktunya cukup lama. Kalau bisa mengatur pikiran dan aktivitas kita. Tapi kalau pikiran khawatir, justru kondisi maag atau asam lambung jadi lebih buruk," ujar dr Hardianto saat ditemui di Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta Barat, baru-baru ini.

Apalagi ketika memilih menu berbuka puasa. Jangan menjadi kalap makan, karena justru cepat memicu naiknya asam lambung.

"Diimbau saat buka puasa tidak langsung makan terlalu banyak karena lambung kosong dalam waktu lama. Waktu ini yang bikin asam lambung cepat naik," tambahnya.

Dia menyarankan Anda untuk mengawali berbuka puasa dengan makanan manis dan minum air putih secukupnya. Lambung jadi terasa tidak kaget saat diisi makanan.

"Puasa tetap lancar yang penting bisa mengatur pola makannya. Saat buka puasa, makan secukupnya saja.Jangan kalap!," simpulnya.

(hel)

Baca Juga

Ngemil Kacang Almond Bisa Memperlambat Penuaan Otak <i>Lho</i>

Ngemil Kacang Almond Bisa Memperlambat Penuaan Otak Lho