Tips agar Ibu Hamil Lancar dan Aman Berpuasa

Tips agar Ibu Hamil Lancar dan Aman Berpuasa

Ilustrasi (Foto: Pregnant)

WANITA hamil mungkin galau menjelang puasa, apakah dia diperbolehkan puasa atau tidak? Ternyata Anda masih boleh berpuasa kok, asal bisa memenuhi kebutuhan gizi diri sendiri dan janin.

Spesialis Obstetri dan Ginekologi dr Riyan Hari Kurniawan SpOG mengatakan, wanita hamil memiliki kondisi yang akan membedakan dalam penentuan hukum untuk puasa. Syaratnya tidak mengganggu tumbuh kembang janin semasa di kandungan.

"Setelah dilakukan pemeriksaan kondisi kesehatan ibu dan janin, ketika dinyatakan keduanya sehat boleh berpuasa. Tapi tipsnya ibu harus bisa mencukupi kebutuhan gizi selama berbuka puasa," kata dr Riyan saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 18 Mei 2017.

Hanya, tambah dr Riyan, pemenuhan gizi janin dipindahkan waktunya di malam hari. Di antara waktu berbuka dan sahur, Anda harus melengkapi gizi yang terdiri dari sumber karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan lainnya.

Tetapi jangan paksakan puasa bila ibu hamil mengalami penyakit diabetes gestasional, memiliki riwayat hipertensi, mengalami perdarahan, dehidrasi, atau menderita gangguan sistem pencernaan.

"Jika ibu hamil merasakan gangguan kondisi kesehatan, sebaiknya jangan puasa," tutupnya.

(hel)

Baca Juga

CATAT! Ini Tips Menyetir Mobil Aman di Siang Hari

CATAT! Ini Tips Menyetir Mobil Aman di Siang Hari