Awas! Makanan Tidak Asin Juga Bisa Mengandung Natrium yang Sebabkan Hipertensi

Awas! Makanan Tidak Asin Juga Bisa Mengandung Natrium yang Sebabkan Hipertensi

Ilustrasi (Foto: Everydayhealth)

DIET nenjadi salah satu kunci untuk mencegah penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Menghindari makanan-makanan yang mengandung tinggi garam salah satunya.

Wakil Ketua Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (Papdi) dr Ari Fahrial Syam MD, PhD, FACP, mengatakan makanan mengandung tinggi garam dapat menyebabkan kadar natrium di dalam tubuh meningkat. Hal inilah yang menyebabkan tekanan darah seseorang melonjak.

"Makanan yang tidak asin juga bisa mengandung natrium. Jadi, kita harus membaca komposisi makanan atau label, " ucapnya di Gedung Direktorat Jenderal P2P, Jl. Percetakan Negara, Jakarta Pusat, Rabu 17 Mei 2017.

Karena itu, dr Ari menyarankan untuk menjalankan diet seimbang, yang di antaranya mengonsumsi sayur dan buah. "Juga menghitung jumlah makanan yang dikonsumsi," tambahnya.

Namun, makanan serba asin seperti sulit untuk ditolak oleh sebagian besar orang. Bagi beberapa orang, mengonsumsi makanan asin dapat memuaskan selera makan.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementerian Kesehatan, dr Lily S. Sulistyowati, MM mengungkapkan, dalam hal makan kita jangan selalu memikirkan untuk memuaskan selera. Menurutnya, seseorang juga harus mengetahui dampak dari mengonsumsi makanan tersebut baik atau tidak.

"Menghindari makanan asin memang susah, tapi bisa kita hindari. Jadi, memang harus dihindari, tinggal pilih mau enak atau sehat," tuturnya.

(hel)

Baca Juga

Kekurangan Enzim Mempercepat Penuaan Hati dan Tubuh

Kekurangan Enzim Mempercepat Penuaan Hati dan Tubuh