Cegah Bau Mulut Selama Ramadan Mudah Kok!

Cegah Bau Mulut Selama Ramadan Mudah Kok!

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SELAMA berpuasa, Anda akan merasa risih dengan masalah bau mulut. Mudah sekali caranya jika ingin mencegahnya.

Spesialis Kesehatan Gigi Klinis drg Felicia Melati SpGKA mengatakan, selama menjalankan ibadah puasa masalah bau mulut sering membuat orang tidak nyaman. Karena, ketika tidak makan dan minum bisa menyebabkan mulut kering.

"Paling tidak orang harus menjaga kebersiahn mulut sepanjang hari. Setidaknya gosok gigi teratur usai makan sahur dan buka puasa," kata drg Felicia saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusa, baru-baru ini.

Selama Ramadan, Anda juga harus rutin menyikat lidah. Mengingat, sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan sempurna bisa memicu pembusukan bakteri.

Tapi, kata drg Felicia, bau mulut kerap dialami oleh orang dengan masalah gigi. Seperti karises, karang gigi dan penyakit periodental lainnya.

Inilah yang menyebabkan orang merasa tidak nyaman karena bau mulut saat puasa. Rupanya teknik menggosok gigi juga menentukan kebersihan gigi Anda.

"Banyak orang merasa cara sikat giginya sudah benar. Padahal masih banyak yang salah. Pergilah ke dokter agar bisa diajari cara gosok gigi yang benar," imbuhnya.

Anda juga harus melakukan siasat lain untuk mencegah bau mulut selama puasa. Minum banyak air putih untuk mencegah dehidrasi di antara waktu sahur dan buka puasa, serta perbanyak konsumsi sayur dan buah segar.

(hel)

Baca Juga

Kabar Baik! Ada Kemungkinan Pengobatan Kanker Bisa Menyembuhkan HIV

Kabar Baik! Ada Kemungkinan Pengobatan Kanker Bisa Menyembuhkan HIV