Terungkap Penyebab Bau Mulut Selama Puasa

Terungkap Penyebab Bau Mulut Selama Puasa

Ilustrasi (Foto: Boldsky)

SELAMA puasa, orang kerap mengeluh bau mulut. Bukan berarti masalah ini tak ada penyebabnya.

Bau mulut atau dikenal dengan istilah halitosis ditandai dnegan bau napas tak sedap. Ini merupakan hasil fermentasi bakteri di dalam rongga mulut.

"Sebagian besar 85-95 persen halitosis disebabkan karena penyakit periodental, karies gigi dan karang gigi," ungkap Spesialis Kesehatan Gigi Klinis drg Felicia Melati SpGKA di Jakarta, baru-baru ini.

Bakteri itu biasanya muncul di bagian gingiva dan periodental, terutama terjadi saat ulserasi dan nekrosis. Pada pasien yang giginya sehat, bakteri biasanya akan tinggal di belakang rongga gigi dan tidak mengganggu.

Sementara itu, faktor banyaknya muncul bakteri yaitu akibat aliran saliva yang berlebihan. Selama puasa, tidak ada pula makanan dan minuman yang masuk dalam jangka waktu yang lama.

"Selama puasa, intake cairan lewat rongga mulut bisa kurang. Waktunya juga lama, perut kosong sekira 16 jam. Asam lambung juga bisa menyebabkan bau mulut," imbuh drg Felicia.

Karena itu, Anda harus mencegah bau mulut ketika berpuasa. Caranya yaitu dengan rajin menyikat gigi dua kali sehari, banyak minum air putih di antara buka dan sahur, serta makanlah sayur dan buah-buahan segar dengan jumlah yang cukup.

(hel)

Baca Juga

Ngemil Kacang Almond Bisa Memperlambat Penuaan Otak <i>Lho</i>

Ngemil Kacang Almond Bisa Memperlambat Penuaan Otak Lho