Catat, Gaya Hidup yang Bikin Masyarakat Urban Menderita Sakit Maag

Catat, Gaya Hidup yang Bikin Masyarakat Urban Menderita Sakit Maag

Pola hidup yang sebabkan penyakit lambung (Foto:Dshg)

 

MAAG menjadi penyakit yang sering dialami masyarakat ibu kota. Akibat padatnya aktivitas kerja, makan pun jadi sering terlambat sehingga asam lambung meningkat.

Itulah yang diungkapkan dokter Helmina Silalahi dalam acara diskusi kesehatan persembahan Tabloid Genie baru-bari ini di Jakarta. Acara yang dihadiri oleh berbagai komunitas wanita ini membahas seputar kesehatan lambung jelang puasa.

Menurut dokter Ratna, kebanyakan maag disebabkan oleh gaya hidup yang salah. Seperti pola hidup yang tidak beraturan dan asupan makanan yang tidak perhatikan.

"Sering begadang, bangun siang, dan menunda makan ketika waktunya tiba itu dapat meningkatkan asam lambung. Lambunya sendiri tidak apa-apa jika diperksa ke dalam, tapi jika dibiarkan bisa menipis," ujar dokter Ratna kepada Okezone.

Ada pun dari sisi makanan, ia menyebut porsi berlebihan pada jenis makanan tertetu dapat meningkatkan asam lambung. Misalnya pada makanan yang terlalu pedas dan porsinya banyak, kemudian makan yang terlalu banyak mengandung minyak berlebihan.

"Jenis-jenis makanan itu mudah meningkatkan asam lambung. Ditambah jika seseorang sering mengonsumsi teh atau kopi yang mengandung kafein. Tambahan lainnya ialah rokok," bebernya.

Ia menambhakan, tekanan hidup yang mengakibatkan stres juga dapat meningkatkan asam lambung. Maka, hindari stres, atur pola hidup, dan jaga pola makan agar tidak terserang maag.

(ndr)

Baca Juga

Jangan Lagi <i>Deh</i> Konsumsi 3 Makanan ini saat Berbuka Puasa

Jangan Lagi Deh Konsumsi 3 Makanan ini saat Berbuka Puasa