Maag Sering Kambuh Tiba-Tiba? Ini Saran dari Dokter

Maag Sering Kambuh Tiba-Tiba? Ini Saran dari Dokter

Cara mengatasi maag yang datang tiba-tiba (Foto:Bodyandsoul)

MENDERITA karena sakit maag memang menggangu. Saat maag kambuh, lambung menjadi sakit, mual, dan tidak konsentrasi saat bekerja. Lalu, bagaimana mengatasi maag ketika menyerang tiba-tiba?

Dokter Helmina Silalahi yang ditemui Okezone dalam acara Community Gathering persembahan Tabloid Genie membahas tentang bagaimana mengatasi maag yang kambuh tiba-tiba. Dalam acara ini hadir para ibu dari berbagai komunitas wanita untuk menyimak saran dari sang pakar.

"Kalau sudah terkena maag dan sering kambuh, pertama jangan sampai terlambat makan. Tetapi di Jakata itu sulit, mengingat jalanan macet sehingga seringkali orang terlambat makan. Jadi, selalu sedia makanan ketika berpergian," kata dokter Helmina.

Makanan seperti roti, biskuit, atau kreaker, aman untuk dikonsumsi ketika maag mulai kambuh. Usahakan makan sesering mungkin tetapi jangan dalam porsi besar. Makan sedikit-sedikit tetapi sering.

"Selain itu, sedia pula obat maag. Obat berguna untuk mengatasi maag yang sudah kronis dan penderita mual ketika hendak makan. Jadi sebelum makan, minum satu tablet obat maag," sambungnya.

Ia menjelaskan, obat maag memiliki cara kerja melindungi lambung, malapisi lambung, sehingga tidak perih, dan hidrotalsik. Obat maag dapat diminum 1-3 atau 4-5 kali. Bagi anak-anak hanya disarankan setengah tablet dan khusus di atas usia enam tahun.

(ndr)

Baca Juga

Kekurangan Enzim Mempercepat Penuaan Hati dan Tubuh

Kekurangan Enzim Mempercepat Penuaan Hati dan Tubuh