Tips Sederhana Mengontrol Hipertensi di Tempat Kerja

Tips Sederhana Mengontrol Hipertensi di Tempat Kerja

Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

BEKERJA di bawah tekanan menjadi tantangan para penderita hipertensi untuk membuat diri mereka terkendali. Emosi yang meletup-letup dapat berdampak pada peningkatan tekanan darah.

Namun, ketahuilah ada beberapa trik sederhana untuk mengelola hipertensi saat Anda bekerja.

Gunakan tangga

Bagi penderita hipertensi, sangat disarankan untuk menggunakan tangga dibandingkan lift. Latihan fisik dengan menaiki atau menuruni tangga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga kesehatan jantung Anda. Namun, bila Anda mengalami nyeri dada atau sesak napas, itu pertanda Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

Berhenti mengonsumsi kafein

Asupan kafein cenderung membuat Anda terasa lelah dan menyebabkan peningkatan tekanan darah. Kopi dapat menimbulkan efek jangka panjang bagi kesehatan penderita hipertensi. Sebagai gantinya, pilihlah asupan teh hijau.

Makan secara teratur

Agar tekanan darah tetap stabil, jangan lupa untuk makan secara teratur. Ada baiknya membawa bekal dari rumah, sehingga Anda bisa mengotnrol asupan garam, minyak, dan pengawet.

Aktivitas fisik

Duduk berjam-jam di depan komputer dapat mengganggu metabolisme tubuh. Belum lagi, gaya hidup yang tidak sehat bisa memicu kambuhnya hipertensi. Maka dari itu, luangkan waktu beberapa saat untuk berkeliling ruangan kantor atau menghirup udara segar sejenak.

Tetap tenang

Meskipun Anda berada di bawah tekanan deadline, Anda perlu mengatasi stres di tempat kerja. Tarik napas dalam dan cobalah bicarakan masalah dengan rekan kerja. Stres merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan. Selain mengendalikan emosi, Anda perlu menjalani gaya hidup sehat supaya tekanan darah tetap stabil. Demikian dikutip dari laman Thehealthsite, Kamis (18/52017).

(hel)

Baca Juga

Ngemil Kacang Almond Bisa Memperlambat Penuaan Otak <i>Lho</i>

Ngemil Kacang Almond Bisa Memperlambat Penuaan Otak Lho