Arti Maskulin Bagi Chicco Jerikho dan Jevin Julian

Arti Maskulin Bagi Chicco Jerikho dan Jevin Julian

Maskulin (foto: Theindependent)

BANYAK pria belum sadar dan paham bahwa maskulinitas merupakan sebuah label yang secara sengaja dibuat dan berlaku di tengah masyarakat. Padahal, maskulinitas merupakan sifat yang dibawa sejak lahir.

Maskulinitas seorang pria kerap diidentifikasi melalui penampilan fisik. Sebut saja pria yang maskulin kerap dianggap memiliki bentuk tubuh yang kekar, berotot, memiliki janggut atau kumis, serta memiliki perut six pack.

Banyaknya tuntutan dari label maskulin, seperti penampilan, pola pikir, hingga cara bertindak yang harus merepresentasikan pria sesungguhnya, membuat para pria menjadi terbatas ruang pikir dan geraknya. Akibatnya, mereka tidak bisa sepenuhnya menggali potensi dalam diri.

Padahal, semua anggapan tersebut hanya muncul berkat stereotype yang berkembang pada masyarakat. Di mana setiap orang memiliki definisi maskulinitas yang berbeda-beda.

 

(Foto: Annisa /okezone)

Lantas, bagaimana dengan arti maskulinitas menurut Jevin Julian dan Chicco Jerikho ya?

"Buat saya, maskulinitas itu bagaimana mengenal karakter diri dan mengembangkan kemampuan yang ada dalam diri sendiri. Maskulinitas itu bukan hanua soal kejantanan, tingkah laku, atau fisik," ucap musisi Jevin Julian dalam jumpa pers peluncuran kampanye 'Find Your Magic' dan Tujuh Varian Baru AXE, di Main Atrium Senayan City, Jakarta, Kamis 18 Mei 2017..

Senada dengan Jevin Julian, aktor Chicco Jerikho mengungkapkan bahwa maskulinitas merupakan sesuatu yang ada dalam diri seorang pria. Anggapan bahwa maskulinitas diidentifikasi dalam bentuk fisik hanyalah sebuah stereotype yang berkembang di masyarakat.

"Saya kemarin sempat ke Lampung dan ke Sumba, saya ngobrol-ngobrol sama mereka dan iseng saya tanya soal maskulinitas. Dan, jawaban mereka pun bermacam-macam. Tetapi tetap mengarahnya pada hal fisik, yaitu kekar, berotot, punya brewok atau kumis," papar Chicco Jerikho dalam acara yang sama.

Hal inilah yang kemudian menginspirasi Chicco Jerikho untuk membuat sebuah film dokumenter berjudul 'AXElerate: The Documentary', yang didukung oleh Yandy Laurens sebagai sutradara, dan Angga Dwimas Sasongko sebagai produser.

Film dokumenter tersebut bercerita mengenai pria Indonesia tentang makna maskulinitas dan menemukan magic dalam diri masing-masing, yang dibintangi oleh Jevin Julian, Agung Hapsah, dan Naufal Abshar.

(dno)

Baca Juga

Ini Alasan Penyanyi Nadhira Suryadi <i>Enggak</i> Suka Pakai Rok

Ini Alasan Penyanyi Nadhira Suryadi Enggak Suka Pakai Rok