Sebelum Bayi Lahir, Yuk Bikin Kesepakatan Ini Bersama Pasangan

Sebelum Bayi Lahir, Yuk Bikin Kesepakatan Ini Bersama Pasangan

Orangtua baru (Foto: Popsugar)

BANYAK yang harus dilakukan calon ibu sebelum melahirkan, salah satu cara terbaik mempersiapkannya adalah berbicara dengan pasangan tentang apa yang akan terjadi setelah bayi lahir.

Buku bertema tentang mengurus bayi memang dapat memberi tahu banyak hal, tapi jika calon orangtua tidak membuat kesepakatan tugas dan cara pengasuhan, ibu berpotensi mengalami stres tinggi. Maka cobalah bicarakan hal ini bersama pasangan sebelum bayi lahir ke dunia.

Proses kelahiran

Dengan beberapa pertimbangan dan alasan jelas, penting membicarakan proses kelahiran bayi bersama pasangan. Misalnya, melalui operasi cesar, persalinan normal, di rumah dengan gentle birth, atau di bidan. Buat rencana jelas agar Anda dan pasangan sepakat sehingga proses kelahiran berlangsung dengan penuh suka cita.

Pemilihan nama

Jangan biarkan anak menunggu telalu lama identitas dirinya. Pilih nama yang akan diperikan kepada bayi. Diskusikan bersama pasangan, apakah akan tetap menggunakan nama keluarga atau tidak.

Kebiasaan buruk

Tentu ini ada hubungannya dengan orangtua yang sudah kecanduan nikotin. Bila Anda atau pasangan adalah perokok, suka atau tidak suka, kebiasaan ini harus dihentikan saat bayi lahir. Selain itu, bila ada kebiasaan pasangan yan mengganggu dan harus ditinggalkan maka buatlah perjanjian. Seperti hobi keluar malam atau hidup jorok.

Berbagi tugas

Buat kesepakatan pembagian tugas mengurus bayi. Sebutkan tugas apa saja yang harus dilakukan suami. Misalnya, suami harus terlibat membersihkan popok, mencuci pakaian, hingga menyiapkan makanan istri. Demikian dikutip Popsugar, Jumat (19/5/2017).

(vin)

Baca Juga

LIFE STORY #2: Divonis Buta, ''Apakah Saya Hanya Bisa jadi Tukang Pijat atau Mengemis?''

LIFE STORY #2: Divonis Buta, ''Apakah Saya Hanya Bisa jadi Tukang Pijat atau Mengemis?''