Ibu Rumah Tangga Lebih Stres dari Pekerja Kantoran! Ini Faktanya

Ibu Rumah Tangga Lebih Stres dari Pekerja Kantoran! Ini Faktanya

Ilustrasi ibu rumah tangga (Foto: Womensmentalhealth)

ANGGAPAN ibu rumah tangga lebih santai dan nyaman daripada pekerja kantoran tidak sepenuhnya benar. Faktanya, ibu rumah tangga yang tinggal di rumah bisa lebih stres dari seorang ibu yang bekerja.

Hal ini dijelaskan oleh Psikolog Klinis Tiga Generasi, Tiara Puspita. Ia menuturkan, jarangnya interaksi dengan orang lain menjadi salah satu penyebab stresnya ibu rumah tangga yang tinggal di rumah.

"Faktanya, ibu rumah tangga di rumah lebih stres dari yang kerja. Karena kesepian, jarang komunikasi dan interaksi sama orang-orang di luar," jelas Tiara saat ditemui dalam acara Rahasia Pesona Bagi Semua Peranan Wanita di kawasan SCBD, Sudirman, Jakarta Selatan.

Ibu rumah tangga yang tinggal di rumah lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk mengurus anak dan rumah. Hal ini berbeda dengan para ibu rumah tangga yang bekerja di luar rumah. Karena kesempatan mereka bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang lebih besar.

Lalu bagaimana cara mengatasi rasa stres tersebut? Tiara menyarankan agar Anda mencari aktivitas yang disukai sebagai kegiatan selingan selain mengurus rumah dan anak.

"Kalau senang masak mau dibisnisin bisa atau kerajinan tangan. Atau (berkomunikasi) dengan sesama ibu rumah tangga. Ikut kelas baby ada kelas parenting. Jangan sampai stuck dengan aktivitas itu yang bikin jenuh," pungkas Tiara.

(vin)

Baca Juga

Jenis Buku yang Anda Baca Bisa Menunjukkan Kepribadian Lho

Jenis Buku yang Anda Baca Bisa Menunjukkan Kepribadian Lho