Dimulai dari Hal Sederhana, Yuk Ajari Kebaikan pada Anak!

Dimulai dari Hal Sederhana, Yuk Ajari Kebaikan pada Anak!

Pola asuh (Foto: Rodalesorganiclife)

SEKECIL apa pun kebaikan harus diajarkan sejak dini. Banyak cara sederhana yang bisa digunakan untuk memberi contoh kebaikan pada anak.

Jika mereka telah mendapatkan ajaran tentang kebaikan dalam kehidupan sehari-hari, maka Anda tak perlu mengkhawatirkan rasa pedulinya pada orang lain. Dilansir dari Parents, Minggu (21/5/2017), inilah cara sederhana mengajarkan kebaikan pada anak:

Bekerja sebagai tim

Tidak dipungkiri bahwa ini adalah sesuatu yang harus anak miliki. Ini akan berguna ketika dia sudah memasuki dunia kerja kelak. Cara sederhana yang bisa Anda ajarkan adalah ketika keluarga besar sedang mempersiapkan sebuah acara. Ajak dia untuk ikut berpartisipasi dan membantu menyiapkan hal-hal kecil. Seperti membantu merangkai bunga atau menyiapkan piring untuk jamuan makan bersama.

Memeluk pohon

Ini adalah salah satu cara mengajarkan tentang menghargai bumi. Ajarkan dia untuk menyayangi pohon dan lingkungan. Jika Anda melihat botol minuman yang tergeletak sembarangan di taman, buanglah ke tempat sampah. Maka dia akan menirukan apa yang dilakukan di lain waktu.

Ajari melihat kebaikan

Berikan dia contoh sisi baik dari banyak orang. Biarkan inspirasi datang dari mana saja. Seperti membacakan sebuah tindakan heroik di koran, tindakan yang menunjukkan rasa peduli atau empati pada berbagai kesempatan. Percayalah, jika Anda konsisten melakukannya maka dia akan tertular virus kebaikan orang lain.

(vin)

Baca Juga

Terdapat Lorong di Dalam Rumah, Begini Cara Mendekornya Supaya Enggak Horor!

Terdapat Lorong di Dalam Rumah, Begini Cara Mendekornya Supaya Enggak Horor!