Mau Bikin Pesta Buffet di Rumah, Intip 5 Tips Jitu Berikut

Mau Bikin Pesta Buffet di Rumah, Intip 5 Tips Jitu Berikut

Merencanakan pesta buffet (Foto:Thekitchn)

JIKA Anda berniat membuat pesta atau perayaan di rumah maka suguhan makanan buffet adalah yang paling tepat. Semua tamu undangan bisa makan sepuasnya dan makanan yang disajikan juga bisa lebih beragam.

Tapi menata meja buffet tidak bisa dilakukan sembarangan karena banyak hal yang harus jadi perhatian. Dilansir dari TheKitchn, Jumat (19/5/2017) berikut lima tips yang bisa jadi perhatian saat menata meja buffet.

Pastikan area lokasi meja cukup luas

Area sekitar meja buffet termasuk area yang paling sibuk. Tamu undangan akan mengerubung ke arah meja di mana makanan dan minuman berpusat. Jadi pastikan area ini cukup luas untuk meminimalisir tabrakan antar tamu.

 

Letakkan minuman di meja terpisah

Jangan pernah menyatukan minuman dengan meja makanan. Siapkan meja sendiri untuk minuman dan letakkan di bagian yang agak jauh. Cara ini bisa membuat kerumunan orang menjadi terpecah, serta meminimalisir kotornya area meja makanan karena percikkan air.

 

Tata piring di tengah meja dan alat makan di ujung meja

Posisi piring harusnya ada di tengah atau di ujung meja ketika tamu akan mengambil makanan. Sementara alat makan seperti sendok, garpu ataubgelas harus diletakkan di ujung akhir meja.

 

Sediakan serbet yang praktis

Buffet berbeda dengan cara makan fine dining, jadi tidak diperlukan serbet bagus dengan lipatan cantik. Cukup sediakan tisu makan yang ditumpuk di beberapa bagian meja. Jika tamu memerlukan, maka mereka bisa mengambilnya sendiri.

 

Tata makanan secara strategis


Cara paling efisien dan cerdas adalah menaruh makanan murah di awal meja prasmanan. Sementara makanan mahal ada di ujung. Dengan ini tamu secara otomatis akan mengambil makanan yang murah terlebih dulu. Jika makanan mahal ditaruh di awal maka jangan heran jika makanan murah dan sayuran akan terabaikan dan kalah dengan hidangan daging.

(ndr)

Baca Juga

Inspirasi Sarapan Praktis, Kentang Panggang Isi Telur Keju

Inspirasi Sarapan Praktis, Kentang Panggang Isi Telur Keju