Ini Bedanya Es Krim dengan Gelato

Ini Bedanya Es Krim dengan Gelato

Gelato (Foto: Instagram)

TIDAK dapat dipungkiri lagi bahwa es krim merupakan makanan paling dicintai di muka bumi ini. Hanya ada satu kudapan yang mampu menyainginya yakni, gelato.

Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas gelato memang tengah meroket khususnya di Amerika Serikat. Namun ada satu hal yang membuat banyak orang bertanya-tanya. Apa yang membedakan es krim dengan gelato?

Dilansir dari Food & Wine, berikut beberapa perbedaan antara es krim dan gelato.


Bahan dasar

Menurut penulis buku The Art of Making Gelato, Morgan Morano, salah satu perbedaan antara es krim dan gelato terletak pada bahan dasarnya. Kedua kudapan ini memang menggunakan krim, susu, dan gula, namun es krim cenderung menggunakan krim yang lebih banyak dan juga kuning telur.

Kandungan lemak

Berdasarkan laporan FDA, es krim setidaknya mengandung 10 - 25 persen lemak, di mana gelato hanya mengandung 4 - 9 persen saja. Kandungan lemak es krim berasal dari komposisi krim yang lebih banyak. Hal ini juga mempengaruhi teksturnya.

Teknik pengolahan

Baik es krim maupun gelato, keduanya diolah menggunakan teknik churning. Yang membedakan adalah kecepatan dan intensitas saat pengolahan berlangsung. Es krim diproses dengan kecepatan tinggi berbanding terbalik dengan gelato. Teknik ini membuat tekstur gelato lebih lembut dengan cita rasa yang lebih kuat.

ブルーベリーヨーグルト あまおう ピスタチオ #gelato #vito #ViTO

A post shared by aik (@kissshot87) on


Suhu

Mengingat tekstur gelato yang lebih padat dibandingkan es krim, cara penyajiannya pun terbilang berbeda. Gelato umumnya disajikan pada suhu -11 derajat celcius, dalam arti lain kudapan ini disajikan pada suhu yang lebih hangat dibandingkan es krim.

(ren)

Baca Juga

SAHUR YUK: Bekal Ayam Goreng Mama Jadi Makanan Andalan Nadhira saat Sahur

SAHUR YUK: Bekal Ayam Goreng Mama Jadi Makanan Andalan Nadhira saat Sahur