Intip Yuk Danau Tulang Manusia di India

Intip Yuk Danau Tulang Manusia di India

Danau Tulang Manusia atau Danau Roopkun, India (foto: Schwiki/CC BY-SA 4.0)

NEGARA India memiliki budaya unik, yang jarang ditemukan di bagian lainnya. Jika sempat ke sana, cobalah menyambangi danau tulang manusia atau danau Roopkund di Utarrakhand, India.

Danau ini berlokasi di atas tebing dengan ketinggian 16 ribu kaki di atas permukaan air laut. Ada banyak taulang-tulang manusia di danau tersebut yang menjadi daya tarik wisatawan.

What is dead, may never die #roopkundlake đź“Ť

Sebuah kiriman dibagikan oleh Rohan Kumar Debbarma® (@rohankumardebbarma) pada Okt 17, 2016 pada 5:11 PDT

Tulang-tulang tersebut ternyata adalah tulang dari zaman sejarah, yang merupakan tulang dari tentara Jepang ketika Perang Dunia ke II. Kala itu, pemerintah Inggris takut Jepang akan memperluas kawasan sehingga Inggris mengirimkan intel untuk memata-matai keberadaan tentara tersebut.

Namun, yang intel temukan adalah tulang belulang yang diyakini sebagai tulang dari tentara Jepang. Tetapi, setelah melakukan penelitian mereka sadar jika tulang tersebut usianya lebih tua.

Daging, rambut, dan tulang tampak sangat kering, dan juga lembab. Tetapi, tidak ada yang tahu dari mana tulang itu berasal. Apalagi, banyak orang dibuat heran karena tulangnya mencapai jumlah 200 tengkorak, dan tidak ada yang tahu kenapa penduduk itu mati semuanya.

Kemudian, sebuah tim ekspedisi di tahun 2004 akhirnya bisa memecahkan misteri yang membuat mereka mati. Ini dimulai dengan menelusuri waktu kematian tulang sekitar 850 Masehi.

Bukti DNA menjelaskan jika tulang tersebut terdiri dari dua grup manusia, pertama keluarga dari suku pedalaman, dan kedua orang lokal yang bekerja sebagai porter dan pemandu. Sekitar area ditemukan sepatu, cincin, kulit, dan bambu yang mendeskripsikan penduduk lokal.

Dilansir dari Atlasobscura, Jumat (19/5/2017), tubuh ditemukan mati dengan cara yang sama. Ada pecahan dalam di kepala namun bukan dihasilkan karena senjata, melainkan sesuatu berbeda. Tubuh itu juga memiliki luka dan hingga kini tidak diketahui apa yang menyebabkan mereka terbunuh.

(fid)
​

Baca Juga

<i>Yuk</i> Sambangi Penangkaran Gajah Favorit Selebriti Dunia di Thailand

Yuk Sambangi Penangkaran Gajah Favorit Selebriti Dunia di Thailand