Ini Saran Dokter untuk Meredakan Memar dengan Cepat

Ini Saran Dokter untuk Meredakan Memar dengan Cepat

Ilustrasi (Foto: Readersdigest)

MEMAR menimbulkan semburat lebam warna biru dan merah pada kulit. Hal ini bisa terjadi ketika Anda tidak sengaja terantuk pintu, rak, meja, atau permukaan keras lainnya. Memar bisa perlahan hilang dengan membubuhkan minyak tradisional. Namun, ada cara cepat untuk mengatasinya.

Dr Dena Nader, MD, menjelaskan ketika Anda terantuk sesuatu, segera lakukan tindakan cepat. Tempatkan kantong es atau kompres dingin di kulit yang terkena memar untuk membantu mengurangi pembengkakan. Suhu dingin membatasi pembuluh darah dan memperlambat aliran darah yang menghambat pembengkakan.

"Jika pembngkakan hilang, Anda bisa menggunakan kompres hangat, yang pada dasarnya mempromosikan sifat berlawanan dari kompres dingin," jelas dr Nader. Kompres hangat akan mendorong aliran darah ke area tersebut dan menghantarkan aliran darah.

Salah satu taktik yang perlu dihindari adalah menekan memar tersebut. Ini tidak terbukti secara efektif meredakan luka memar, justru berakibat pada rasa sakit. Umumnya, memar akan terlihat jelas dalam waktu lima sampai tujuh hari, tergantung beratnya memar.

Bila memar muncul secara berkepanjangan, Anda perlu menemui dokter sesegera mungkin. Bisa jadi, memar menandakan terjadi suatu hal yang serius. Terutama, bila terjadi benturan di area kepala, perlu kepastian diagnosis dokter untuk mengetahui apakah terjadi gegar otak atau tidak. Demikian disadur dari laman Reader's Digest, Jumat (19/5/2017).

(hel)

Baca Juga

Sering- Sering Tertawa Mulai Sekarang karena Bisa  Terhindar dari Stres Kronis

Sering- Sering Tertawa Mulai Sekarang karena Bisa Terhindar dari Stres Kronis