Minum Teh Susu Lebih Sehat bila Dicampurkan Bahan Ini

Minum Teh Susu Lebih Sehat bila Dicampurkan Bahan Ini

Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

BEBERAPA orang memilih untuk mencampurkan susu ke dalam teh hijaunya. Sebagian lainnya ada yang lebih suka mencampurnya dengan teh hitam. Sebetulnya, mana yang lebih baik untuk kesehatan?

Teh hijau memang memiliki presentasi warna yang lebih apik, yakni ada rona kehijauan yang dipercaya memiliki manfaat kesehatan. Misalnya, memberikan rasa tenang, serta melawan radikal bebas berkat kandungan antioksidannya. Sementara teh hitam memiliki warna yang lebih pekat dengan tuaian manfaat kesehatan yang tidak kalah pentingnya.

Teh memiliki senyawa fenol dan polifenol, yakni sekelompok molekul nabati yang memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Teh hitam dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular dengan merelaksasi arteri. Nutrisi pelindung jantung ini juga memiliki efek antioksidan dan membantu dalam pengaturan fungsi ezim dan merangsang reseptor sel.

Sementara itu, susu mengandung protein kasein yang dapat berinteraksi dengan senyawa polifenol. Namun, campuran dari kedua senyawa ini dapat mengubah manfaatnya sebagai pelindung jantung.

Menurut PJ Brown dan WB Wright yang melakukan penelitian soal interaksi protein susu dan teh polifenol, ternyata mencampurkan keduanya menjadi satu minuman menjadi hal yang sia-sia. Pasalnya, teh susu tersebut tidak memiliki manfaat yang signifikan untuk kesehatan tubuh.

Untuk menuai manfaat yang lebih baik dari minuman teh susu, ada baiknya menambahkan pelengkap seperti lemon dan madu. Setidaknya, dua bahan tambahan tersebut dapat memberikan manfaat optimal bagi tubuh. Demikian dilansir dari laman Thehealthsite, Jumat (19/5/2017).

(hel)

Baca Juga

HARI ANAK NASIONAL: 7 Penyakit yang Rentan Menyerang Anak di Indonesia, Mulai dari Diare hingga DBD

HARI ANAK NASIONAL: 7 Penyakit yang Rentan Menyerang Anak di Indonesia, Mulai dari Diare hingga DBD