4 Pemicu Alergi pada Anak yang Sering Tidak Disadari

4 Pemicu Alergi pada Anak yang Sering Tidak Disadari

Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

SALAH satu masalah kesehatan yang sering dialami anak-anak adalah alergi. Namun, orangtua terkadang tidak menyadari pemicu alergi pada anak.

Mungkin orangtua hanya mengetahui pemicu alergi pada anak adalah asma atau gejala alergi lainnya. Tak hanya itu, ada empat pemicu utama alergi yang sering kita alami, sebagaimana dilansir Kidshealth:

Pollen

Penyebab utama alergi demam yaitu pollen. Biasanya alergen ini terdapat di dalam serbuk sari tanaman yang dapat melepaskan partikel kecil ke udara untuk memupuk tanaman lainnya. Namun pada sebagian orang yang alergi, bisa menimbulkan gejala demam yang tidak disertai tanda-tanda lain. Penyebaran alergen ini umum terjadi di pagi hari dengan cuaca hangat. 

Jamur

Lingkungan lembab, drainase buruk, ruangan berventilasi buruk hingga tumpukan bahan membusuk akan menimbulkan cetakan jamur yang membuat seseorang alergi. Biasanya anak-anak yang terpapar alergen jamur akan mengalami kulit gatal hingga gejala bahaya lainnya. 

Hewan

Bulu hewan kerap dikaitkan dengan penyebab alergi. Contohnya seperti kucing yang banyak menjadi musuh manusia karena bulunya mengandung zat kimia pemicu alergi. Gejala umum dari reaksi alergi bulu kucing meliputi bersin, batuk, mata berair, gatal, pembengkakan wajah, sesak napas, dan hidung tersumbat. Biasanya kucing tersebut tidak pernah dijaga kebersihannya sehingga masih timbul sisa kotoran yang menempel di bulu. Tak hanya itu, kecoa juga merupakan hewan pemicu alergi. Paparan kecoa bisa menjadi penyebab utama tingginya tingkat asma pada anak-anak di perkotaan lho.

Tungau debu


Tungau adalah salah satu penyebab paling umum seseorang mengalami alergi. Serangga mikroskopis hidup di sekitar kita dan memakan jutaan sel-sel kulit mati setiap hari. Binatang ini senang bertahan hidup di serat kain, debu, karpet hingga kursi di dalam rumah Anda.
(hel)

Baca Juga

Ngemil Kacang Almond Bisa Memperlambat Penuaan Otak <i>Lho</i>

Ngemil Kacang Almond Bisa Memperlambat Penuaan Otak Lho