Penyakit yang Paling Banyak Dialami Lansia

Penyakit yang Paling Banyak Dialami Lansia

Ilustrasi (Foto: Usnews)

LANSIA mulai mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh. Karena itu, mereka sering menderita berbagai penyakit yang memperlambat usia harapan hidupnya.

Spesialis Geriatri Prof Dr dr Siti Setiati SpPD-KGer MEpid FINASM mengatakan, seiiring bertambahnya usia banyak jenis penyakit yang menyerang lansia. Termasuk penyakit kronik dan degeneratif.

"Lansia banyak yang mengalami keropos tulang, pengapuran sendi, demensia atau pikun, serangan jantung, gangguan ginjal, penyakit paru, kanker. Belum lagi penyakit kroniknya TBC dan HIV AIDS," ujar Prof Ati di sela Diskusi Media Hidup Sehat dan Menyenangkan di Masa Tua bersama Philips di D Lab, Gondangdia, Jakarta Pusat, Jumat (19/5/2017).

Bahkan, munculnya penyakit degeneratif sudah sejak usia muda. Bagi mereka yang tidak menjalankan gaya hidup sehat, mudah terkena penyakit ini.

"Gaya hidup sehat harus dimulai sejak kecil. Deteksi dini penyakit juga harus sedini mungkin," tambahnya.

Belum lagi masalah obesitas yang banyak dialami oleh orang-orang produktif. Ini juga memicu masalah penyakit tidak menular saat lansia.

"Obesitas memicu banyak penyakit. Karena itu kurangi pola makan dan perbanyak makan sayur dan buah rendah kalori," simpulnya.

(hel)

Baca Juga

Hati-Hati <i>Ladies</i>! Minum Alkohol Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Hati-Hati Ladies! Minum Alkohol Meningkatkan Risiko Kanker Payudara